Youngpreneur

Sri Ratih Harmanti, Lumpia Badas Inspirasi Drama Korea

BISNISBANTEN.COM — Drama Korea yang semakin menggila dan dicintai banyak orang, kerap memunculkan inspirasi dalam berwirausaha. Hal ini juga dialami Sri Ratih Harmanti.

Mojang asal Pandeglang ini sampai-sampai membuat lumpia badas dan memasarkannya ke banyak orang.

“Dinamain lumpia badas karena pas waktu itu lagi maraknya karakter cewek-cewek “Badas” di drama Korea yang pemberani. Juga karena rasa lumpia badas Ratih pedesnya badas banget,” tutur Alpha Zetizen Banten 2017 ini.

Advertisement

Lumpia badas mulai dimunculkan saat awal 2020. Bedanya dari lumpia lain, Lumpia Ratih ini punya ciri khas daun jeruk yang menyegarkan dan rasa pedas yang nampol.

Ratih bilang, lumpia hasil kreasinya ini dipasarkan di sekitar rumah.

“Belum ke online karena takut lagi pandemi, pun Ratih yang belum bisa manajemen waktu,” tutur lulusan SMAN 1 Pandeglang ini.

Jual-menjual ini sudah ditekuni anak sulung ini sejak masih berseragam putih abu-abu. Saat SMA Ratih pernah jualan cemilan tradisional, namanya “Jagung Kukurauk”. Selain itu juga Ratih pernah jualan makaroni dan jelly. Metode jualannya dititipkan ke kantin sekolah.

Advertisement

“Jadi gak ngeganggu aktivitas belajar. Pas SMA Ratih jualan karena pengen punya penghasilan sendiri, sekarang jadi hobi deh.
Ratih suka ngemil, mangkanya Ratih jualan cemilan kayak yang lagi Ratih rintis sekarang,” tukas mahasiswi UIN SMH Banten ini.

Saat pandemi seperti sekarang, aktivitas Ratih selain kuliah online yaitu itu mengajar di Taman Bacaan Ratih yang sekarang udah kolaborasi dengan Yayasan.

“Jadi, tiap hari Ratih di Yayasan, Rabu dan Jum’at ngajar,” tutur pendiri taman baca Al-Bantani Learning Park ini. (hilal)

Advertisement
LANJUT BACA

Hilal Ahmad

Pembaca buku-buku Tereliye yang doyan traveling, pemerhati dunia remaja yang jadi penanggung jawab Zetizen Banten. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2006.