Youngpreneur

Tetap Jalankan Usaha di Sela-sela Mendidik Anak Bangsa

BISNISBANTEN.COM – Memiliki kesibukan sebagai mahasiswi dan guru pembimbing anak kebutuhan khusus di yayasan, tak menggentarkan niat perempuan asal Pandeglang ini untuk merintis usahanya. Dialah Mia Andaresta, finalis Duta Youngpreneur Bisnisbanten 2023.

Merintis sebuah usaha cemilan, Mia bercerita berawal dari ekonomi keluarga sedang tidak stabil dan mengharuskan mencari uang tambahan untuk uang saku kuliahnya.

Mia mengungkapkan memulai usaha ini sejak September 2022 saat masa awal kuliah. Kini dirinya sudah menginjak semester 3.

Advertisement

“Pada saat itu ekonomi keluarga aku lagi gak stabil ya, lalu coba-coba buat tester basreng untuk aku jual dan Alhamdulillah dapat feedback baik dari temen-temen, aku jual pada suka dan beli produk aku, dari keuntungan itu aku ambil untuk uang saku aku kuliah,” ungkap Mia Andaresta.

Cemilanpelajarbycean jadi nama brand usaha Mia. Usaha ini dijalankan olehnya dan sang mama dalam produksi cemilan seperti basreng, stik pangsit, dan keripik singkong karena cemilannya ini dibuat secara home made.

“Produk aku ini home made by aku dan mama, jadi mamaku bantuin produksi cemilan ini kaya goreng basreng dan racik bumbunya. Produk best seller itu basreng pedas dan original jadi produksinya lebih banyak,” kata Mia.

Advertisement

Saat ini Mia memasarkan produknya lewat online dan offline. Untuk online ia pasarkan di akun sosial media Instagram @cemilanpelajar_by_cean dan WhatsApp sedangkan untuk offline ia pasarkan saat di kampus mouth to mouth, di rumah maupun COD.

Karena memang segmentasi pasarnya di kalangan pelajar dan mahasiswa, harga yang ditawarkan juga sesuai kantong pelajar dan mahasiswa banget loh alias murah meriah.

Hanya dengan harga Rp4 ribuan, sudah bisa menikmati cemilan gurih by Mia ini. Menariknya, jika beli 3 pcs sekaligus akan mendapatkan diskon jadi Rp10 ribuan aja. Lebih hemat bukan?

Selama menjalani usaha ini Mia mengungkapkan, ada beberapa hal yang ia hadapi seperti bahan terkadang naik harganya. Namun dirinya tidak bisa menaikkan harga secara tiba-tiba untuk produknya. Ia mengaku bisa menyiasati kendala tersebut.

Ke depannya, Mia memiliki rencana untuk menghadirkan produk cemilan yang bervariasi dan akan membuka PO makanan sehat untuk bekal anak-anak sekolah serta menawarkan untuk menjadi reseller. (Ismi)

Advertisement
LANJUT BACA