Youngpreneur

Rifki Kusuma Wardana ; Bayi pun Bisa Berjalan karena Ada Proses

BISNISBANTEN.COM — Di mata Rifki Kusuma Wardana, anak-anak muda yang berwirausaha itu keren. Kenapa?

“Menurut Rifki sih bagus, udah mau merintis dari kecil gak mikirin gengsi ini itu, dan hebat udah kepikiran untuk meringankan beban parents,” terang remaja yang menempuh pendidikan di Kazan Federal University ini.

Zetizen Icon Boy 2021 ini bilang, punya teman yang berjualan dan berwirausaha, tidak cuma satu bahkan banyak.

Advertisement

“Keren sih mereka udah berani ambil langkah untuk mencoba mengembangkan diri dalam bidang bisnis,” tutur lulusan SMAN 1 Kota Serang ini.

Lepas SMA, anak pertama dari tiga bersaudara ini merantau ke Kazan, negara bagian Rusia. Berada ribuan kilometer jauh dari keluarga yang tinggal di Taman Graha Asri, Kota Serang, Banten, Rifki menjadi anak yang mandiri dan mengurus

Dalam hal ini, remaja yang menekuni dunia modeling dan akting dituntut bisa mengatur keuangan. Kalau kurang bisa mengatur uang, bisa kacau. Bukan begitu?

“Semua balik lagi ke diri kitanya, kalau kita mau cepet miskin yaa habiskan aja uang itu dalam sehari. Tapi kalau kita mau merintis untuk menjadi orang yang lebih dari berkecukupan yaa menabung walaupun 500 rupiah per hari pun,” ungkap kelahiran Tangerang,14 Mei 2001 ini.

Advertisement

Rifki mengaku, sejak terjun ke dunia entertain, merasakan kepuasan mendapat uang dari keringat sendiri.

“Cukup puas sih walaupun belum bisa kasih lebih ke orang tua, apalagi kalau udah bisa beli barang yang diinginkan pakai uang sendiri. Terasa puas banget aja gitu,” kata pehobi bermain gitar, belajar berbagai bahasa kecuali bahasa tubuh, dan vacation ini.

Rifki bilang, sudah ada rencana membuat usaha sebelum dirinya balik lagi ke Rusia, tapi saat ini masih dalam tahap perundingan bersama partner dan keluarga. Untuk saat ini kata Rifki, belum bisa diumumkan akan usaha apa karena khawatir malah tidak jadi terealisasi.

Untuk generasi muda yang sedang giat-giatnya berwirausaha, Rifki berpesan, jangan takut melangkah.

“Bayi pun bisa jalan karena ada proses. Sama seperti kehidupan, semuanya butuh proses termasuk jalur wirausaha,” tutup pemilik akun Instagram @rkw____ ini bijak. (hilal)

Advertisement
LANJUT BACA

Hilal Ahmad

Pembaca buku-buku Tereliye yang doyan traveling, pemerhati dunia remaja yang jadi penanggung jawab Zetizen Banten. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2006.