Youngpreneur

Muchammad Rizal Ma’rifatullah ; Daripada Jadi Beban Orangtua, Mending Berwirausaha

BISNISBANTEN.COM — Remaja satu ini merasakan sekali susahnya mencari kerja selepas lulus sekolah. Pandemi semakin memperparah karena banyak pekerja yang di-PHK.

Muchammad Rizal Ma’rifatullah bilang,
semenjak lulus sekolah, cari kerja sana-sini susah. Akhirnya lulusan SMKN 1 Kota Serang ini memiliki ide buat buka usaha kecil-kecilan bersama doi sambil menunggu panggilan kerja.

“Awalnya buka stand kecil-kecilan sih di rumah doi, jual minuman ala ala kekinian gitu sama beberapa snack. Dulu pernah promosi baso mercon, kripik kaca, sosis gulung, dan kawan-kawannya lewat sosmed WA dan Ig, tapi karena susah bawanya kalau ada yang minta COD, sekarang itu cuma dijual di lingkungan sekitar stand aja dan gak dipromosiin lagi,” tutur remaja yang pernah menjadi Ketua OSIS SMKN 1 Kota Serang ini.

Advertisement

Dalam berniaga, Rizal bilang, untung rugi sudah biasa. Untuk usaha yang ia jalani bersama sang doi kata Rizal, untungnya pasti ada walaupun tidak banyak.

Rizal memasarkan produk makanan dengan harga lebih terjangkau.

“Awal mulanya ada kenalan ‘orang dalem’, dia bisa kasih harga miring asalkan order banyak, tapi stok di diapun gak selalu ready. Setelah ready biasanya langsung diborong,” kata kelahiran Serang, 15 Desember 2000 ini.

Saat ini Rizal sudah bekerja di salah satu perusahaan makanan di Tangerang. Ini membuat pemilik akun Instagram @oh.ijal__ ini harus lebih pandai mengatur waktu.

Advertisement

“Kalau hari kerja biasanya cuma nampung orderan dulu, biasanya orderan dikirim weekend atau hari yang udh disepakati sama pembeli. Terus kalau buat jaga stand paling weekend, itung-itung cari uang sekaligus temu kangen,” tukas remaja yang tinggal di Komplek Kidemang, Kelurahan Unyur, Kecamatan Serang, Kota Serang, ini.

Rizal adalah satu dari sekian banyak anak muda yang merintis usaha. Bagi pehobi night ride dan ngulik sesuatu yang baru ini, anak-anak muda seperti ini apapun itu termasuk orang-orang hebat.

“Apalagi kalau udah punya kerjaan lain dan jadiin usahanya buat penghasilan sampingan. Apalagi lagi pandemi kaya gini daripada di rumah aja jadi beban orang tua, mending keluar cari uang jajan sendiri. Tapi tetep protokol kesehatan nomor satu,” tutur remaja yang pernah PKL di Zetizen Radar Banten ini.

Impian Rizal antara lain, ingin punya usaha yang bergerak di bidang kuliner dan fashion. Dua bidang itu menurut Rizal, paling banyak peminatnya walaupun harus bersaing dengan pasar yang lebih besar. (hilal)

Advertisement
LANJUT BACA

Hilal Ahmad

Pembaca buku-buku Tereliye yang doyan traveling, pemerhati dunia remaja yang jadi penanggung jawab Zetizen Banten. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2006.