Insight

Penggunaan Neuromarketing Dalam Strategi Pemasaran Suatu Brand

BISNISBANTEN.COM — Sudahkah kalian tahu istilah dari Neuromarketing? Neuromarketing sendiri adalah suatu metode untuk mempelajari bagaimana otak merespon rangsangan pemasaran suatu produk ( merek, produk tertentu, kemasan, dan pemasar lainnya). Metode ini termasuk pada riset pasar atau optimisasi produk. Neuromarketing biasanya digunakan pada pemasaran online seperti halnya google analytics, dan penilaian melalui gerakan mata pada suatu desain online shop. Seperti yang kita tahu bahwa otak manusia adalah pusat kendali suatu tindakan atau pun perasaan yang kita rasakan. Banyak ilmuan yang mengungkapkan bagaimana suatu merek bisa sukses hanya dengan penelitian otak, karena setiap kita ingin memutuskan membeli sesuatu produk akan dikendalikan dari hasil proses penyaringan informasi tak kasat pada otak.

Hal yang harus di perhatikan dalam dalam neuromarketing jika kita ingin memasarkan suatu produk, layanan, dan juga iklan, yaitu dengan :

  • The Importance of Eye Gaze

Suatu hal yang sangat penting dalam neuromarketing untuk mengetahui bagaimana seorang konsumen melihat iklan pada produk yang kita pasarkan, dan kita juga memasukkan seseorang dalam iklan product yang ingin kita pasarkan agar lebih efektif jika di bandingkan iklan yang hanya ada tulisannya saja atau gambar produknya saja.

Advertisement
  • Menggunakan Kemasan Yang Efektif Pada Produk

Konsumen akan sangat tertarik pada kemasan yang menarik dengan memperhatikan desain produk yang kita jual, permainan warna yang masuk pada tema desain produk yang ingin di pasarkan. Contohnya seperti masker lokal Camille yang sedang marak di sosial media. Masker Camille ini menyaring beberapa tanggapan negative dari beberapa consumer yang sudah pernah membeli produknya dan telah di buktikan sendiri olehnya bahwa kualitas packaging sebelumnya memang masih ada kesalahan dan akhirnya merubah desain packagingnya menjadi lebih berkilau, lebih rapih, dan memperbaiki ingredients product mereka agar consumer lebih tau detail campuran apa saja yang terkandung dalam masker dan terlihat lebih berkualitas dari sebelumnya.

  • Warna Adalah Suatu Kunci

Pada warna kita bisa menarik dan membangunkan emosi konsumen untuk menciptakan perasaan senang dari iklan yang berwarna-warni nan cantik. Permainan warna adalah alat pemasar yang cukup kuat, jangan lupa warna yang ingin kita pilih di sesuaikan dengan tema dan product yang ingin kita pasarkan.

Cukup banyak penjual yang memanfaatkan metode ini untuk menarik emosi consumer agar berminat membeli produk yang di jualnya terutama para penjual online yang sedang marak selama pandemi Covid19 ini. Metode ini tidak di ragukan lagi untuk di terapkan jika kalian ingin membuka bisnis online kalian.

Rona Sekar Aribahalmas

Advertisement

Management Internasional ( UNSOED )

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com