Insight

Jumat Adalah Hari Mustajab Untuk Berdoa

BISNISBANTEN.COM- Hari Jumat (Sayyidul Ayyam) penghulu atau pemimpin hari yang istimewa bagi umat Islam, dimana ada waktu mustajab yang bisa dimanfaatkan untuk berdoa, karena Allah SWT akan mengabulkan semua doa.

Ada beberapa sunah yang bisa dijalankan setiap hari Jumat, seperti sedekah, membaca surat Al Kahfi hingga zikir di sepanjang hari. Rasulullah SAW bahkan pernah bersabda bahwa hari Jumat merupakan hari yang agung.

“Sungguh hari Jumat adalah tuannya hari-hari yang paling agung di sisi Allah,” (HR Ahmad dan Ibnu Majah)

Advertisement

Keutamaan hari Jumat selanjutnya, yaitu menjadi hari yang paling mustajab untuk memanjatkan doa. Orang-orang mukmin yang memanjatkan doa pada hari Jumat dan memohon sesuatu kebaikan kepada Allah SWT, maka doanya akan dikabulkan.

Doa juga merupakan bagian dari pengakuan manusia tentang kelemahannya. Bahkan, seorang muslim yang tidak pernah berdoa dianggap sebagai sosok yang sombong. Berdoa memang bisa dilakukan kapan saja dan hari apa saja, tetapi ada beberapa waktu yang mustajab untuk melakukannya. Jumat merupakan waktu yang paling mustajab untuk berdoa dan meminta sebuah kebaikan dari Allah SWT.

Kemustajaban Jumat telah dijelaskan oleh Nabi Muhammad SAW yang tertera pada hadis berikut ini:
“Dari Abu Hurairah R.A, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membicarakan mengenai Jumat, lalu ia bersabda, di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta. Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut,” (HR Bukhari dan Muslim).

Sebagian ahli ilmu dari kalangan sahabat Nabi dan yang lainnya berpendapat bahwa waktu yang mustajab pada Jumat adalah setelah Ashar sampai matahari terbit. Ini pendapat Ahmad dan Ishaq. (HR Tirdmizi)

Advertisement

Itulah keutamaan Jumat dan waktu mustajab untuk memohon doa kepada Allah SWT, serta niat baik harus menjadi landasan agar keimanan dan ketaqwaan kita semakin meningkat.

Nuun Walqalami Wamaa Yasturuun”
Wallahul muwaffiq ila aqwamit-thariiq
Jumat 29 Syawal 1444H

Oleh: Ustadz H Dedi S Al Ghifary S.Pd.I
Pimpinan MT An Nahl Cendekia Kota Serang

Advertisement
LANJUT BACA