Insight

Internet Memudahkan Dalam Proses Pencarian Dan Pengambilan Keputusan Membeli Secara Online

BISNISBANTEN.COM — Teknologi informasi seperti jaringan internet, dan teknologi digital lainnya membuka celah pemasaran/distribusi produk yang tidak terbatas pada ruang, tempat, dam waktu. Internet diartikan sebagai jaringan komputer yang sangat besar, dimana jaringan komputer tersebut terdiri dari beberapa jaringan kecil yang saling berhubungan dan dapat mencakup seluruh jaringan di dunia (Oetomo (2002). Dampak positifnya, internet digunakan sebagai media komunikasi antar pengguna  dari seluruh dunia di berbagai bidang,  bidang pendidikan, kebudayaan, kesehatan, dan lain-lain. Jaringan dan teknologi digital memungkinkan pertukaran informasi baik mengenai produk, produsen, maupun konsumen secara global dan menyeluruh. Hal tersebut dapat diakses oleh pelaku ekonomi dengan lebih mudah. Transaksi bisnis tidak lagi terpaku melalui kertas. tapi bisa dilakukan secara elektronik dengan menggunakan fasilitas-fasilitas yang disediakannya antara lain seperti shared database, electronic fund transfer, dan electronic commerce.

Wabah pandemi Covid-19 memaksa orang untuk membatasi mobilitas dengan banyak berada di rumah, menjadikan penggunaan internet sebagai kebutuhan pokok dalam melakukan segala kegiatannya.  Internet  menjadi satu kekuatan dalam dunia bisnis dan juga mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen dalam melakukan kegiatan ekonomi, transaksi perdagangan tidak perlu lagi pergi menuju ke tempat penawaran atau pun penjualan seperti di pasar atau supermarket.

Berdasarkan Theory of Planned Behavior (TPB), ternyata sikap yang dirasakan sangat mempengaruhi pengambilan keputusan adalah keamanan, kredibilitas, dan aksesibilitas. Konsumen/pelanggan dapat membandingkan beberapa e-commerce yang sejenis, yang memudahkan pelanggan untuk memilih e-commerce terbaik, misalnya, pelanggan dapat melihat ulasan dan jumlah bintang yang direspon pembeli sebelumnya, mencari  e-commerce  yang lebih murah, dan kredibel hingga bisa memutuskan untuk barang yang dibutuhkan.

Advertisement

Banyak keuntungan yang bisa diperoleh e-commerce dalam berbisnis secara online, salah satunya adalah menjual produk atau jasa secara online tanpa harus membuka toko atau kantor besar sebagai lokasi usaha layaknya pedagang offline yang tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Hanya dengan menggunakan Internet Anda dapat menjual produk atau layanan  kepada konsumen kapan saja dan di mana saja. Keuntungan lainnya adalah komunikasi yang nyaman antara pembeli dan penjual.

Hal yang perlu diperhatikan e-commerce  agar bisa menarik banyak pembeli dan memutuskan untuk membeli adalah dengan memetapkan target dan mencari model/influencer dan mempromosikan lewat media sosial yang banyak diminati (IG, facebook atau tiktok). Sebagai contoh produk My Baby baby care lokal dengan product BUDS baby care import. Target marketing yang mereka utamakan sudah pasti ibu yang memiliki anak kecil dan juga dokter anak untuk memasarkan dan memperkenalkan product baby care untuk lebih meyakinkan pembeli, penjual mengendorse influencer yang mempunyai anak kecil dan dapat menarik pembeli untuk membeli produk tersebut. Product BUDS ini sudah hampir menyetarakan product local My Baby yang sudah cukup lama kita tahu. Makin banyak pembeli maka, diharapkan pembeli baru pun akan tertarik membeli karena direkomendasikan oleh pembeli pertama kepada orang terdekat seperti teman dan keluarga.

Rona Sekar Aribahalmas

Management International ( UNSOED )

Advertisement

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com