KeuanganOlahraga

BI Banten Edukasi QRIS bagi Atlet PON

BISNISBANTEN.COM — Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten memberikan edukasi mengenai Quick Respond Indonesian Standart (QRIS) bagi para atlet PON XX Papua asal Banten. Sosialisasi QRIS ini berlangsung di KONI Banten, Kamis (23/9). Sosialisasi ini dihadiri langsung Kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Banten Erwin Soeriadimadja, Kepala Divisi Sistem Pembayaran dan Sistem Layanan Administrasi KPw BI Banten Erry P Suryanto, dan pengurus KONI Banten.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Banten Erwin Soeriadimadja mengungkapkan, kegiatan sosialisasi QRIS  hari ini sebagai bagian dari proses edukasi Bank Indonesia terhadap digitalisasi yang perlu diterapkan, termasuk kepada para atlet PON XX Papua asal Banten. Papua sebagai lokasi PON juga sudah dilengkapi dengan alat-alat pembayaran secara digital antara lain QRIS. “Ini merupakan program nasional untuk memberikan edukasi kepada perwakilan altet PON yang ada di wilayah kerja BI,” katanya.

Advertisement

Menurutnya, di Papua, para UMKM sudah dilengkapi oleh QRIS sehingga para atlet bisa menggunakannya sebagai salah satu alat pembayaran yang sah.
“Jadi untuk memudahkan para atlet, nggak perlu ke mana-mana dan nggak perlu bawa uang banyak-banyak. Cukup dengan smartphone-nya, bisa bertransaksi melalui QRIS,” katanya.

Hingga saat ini, penetrasi QRIS di Banten mencapai 600 ribu merchant yang tersebar di delapan kabupaten-kota. BI Banten sendiri menargetkan hingga akhir tahun mencapai 800 ribu merchant. Untuk itu, BI Banten akan terus memperkuat kerja sama dengan Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) agar penetrasi QRIS semakin meningkat. Sementara secara nasional, penetrasi QRIS mencapai 10 juta lebih merchant.

Wakil Ketua Umum II KONI Banten Engkos Kosasih mengungkapkan, para atlet terlihat antusias mendengarkan sosialisasi mengenai QRIS. Ini penting dilakukan agar para atlet ketika berada di Papua bisa mempergunakan transaksi digital tersebut.

Advertisement

“Kebetulan KONI memberikan uang transport buat para atlet yang di transfer ke rekening. Dengan begini, atlet tidak kesulitan mencairkan uang sehingga bertransaksi menggunakan QRIS. QRIS ini bermanfaat bagi para atlet,” katanya.

Menurutnya, untuk PON XX Papua, Banten akan mengirimkan sekitar 400 atlet dan official. Pada kesempatan sosialisasi ini diikuti oleh sejumlah atlet yang akan berangkat ke Papua.(susi)

Tinggalkan Komentar

Advertisement
Baca Selengkapnya

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com