InsightInspirasi

Berbisnis Tidak harus Punya Privilage! Simak yang Diungkap Hermanko Tamoko Ini

BISNISBANTEN.COM – Banyak para pengusaha yang ingin berbisnis namun ragu untuk memulai usaha karena tidak punya privilage. Hal itu membuat bisnis tidak dijalankan karena keraguan.

Bahkan bagi milenial dan gen Z banyak mereka yang beralasan untuk tidak memulai bisnis karena mempunyai mindset jika tidak punya privilage tidak akan bisa membangun bisnis yang besar.

Hermanko Tamoko, salah satu orang terkaya di Indonesia ini mengungkapkan, untuk memulai bisnis tidak harus mempunyai privilage.

Advertisement

“Menurut saya itu hanya suatu alasan bagi generasi z maupun milenial yang mereka tidak mau memulai bisnis atau mengeluarkan apa yang ada di dalam diri mereka. Jadi mereka tinggal cari alasan saja. Menurut saya alasan karena saya sudah ketemu berbagai macam orang orang sukses, itu modalnya dimulai dari nol,” ujar Hermanto Tanoko.

Hermanto Tanoko ini merupakan founder dari Tancorp Group yang membawahi PT Avia TBK. Pemilik cat terbesar di Indonesia bermerek Avian dan juga bos dari produsen air dalam kemasan dengan merek cleo.

Menurut Hermanto Tanoko, rata-rata pengusaha yang sukses juga semuanya berawal dari nol.

Advertisement

“Rata rata mereka ngga pake modal, mereka berjualan online dan dengan perubahan teknologi dan semua masuk ke dunia digital itu kebuka lebar banget. Jadi bagi para pengusaha yang mau memulai berbisnis itu mereka nggak ada barrier wah gak punya modal ngga bisa, meskipun seperti saya memang second generation,” ungkapnya.

Qalaupun ia merupakan second generation meneruskan usaha yang dirintis oleh papanya, ia juga mempunyai peran dimana ia memikirkan bagaimana mengembangkan usahanya lebih besar lagi untuk generasi selanjutnya.

Untuk memulai dan menjadi bisnis yang baik kita harus memikirkan dan diferensiasinya yang akhirnya dibutuhkan oleh market.

Jadi, dalam memulai usaha juga harus memikirkan jenis usaha dan menambah value manfaat untuk masyarakat, usaha apa yang akan di jalankan. Semakin tinggi manfaatnya semakin banyak peluang yang didapatkan. (Ismi)

Advertisement
LANJUT BACA