Youngpreneur

Muhamad Pajar ; Buka Usaha dari Arkana Oil Sampai Blangko Undangan

BISNISBANTEN.COM — Banyak orang, mencoba beragam macam usaha sampai akhirnya menemukan bidang yang cocok. Bahkan orang-orang sukses di muka bumi ini pun memiliki lebih dari satu unit usaha untuk meraih kemandirian dan kesuksesan secara finansial.

Muhamad Pajar mengalami itu. Beberapa waktu lalu, Zetizen Icon Boy 2020 ini gencar mempromosikan produk Arkana Oil di akun media sosialnya.

“Jadi Arkana Oil itu adalah untuk penghemat BBM dari bahan alami, bisa hemat 10% untuk bahan bakar apa aja. Tetapi tidak boleh campur. Misalnya setiap pengisian, biasanya pertamax aja ataupun pertalit aja. Sekarang sih udah gak produksi lagi sih dikarenakan kesibukan lain,” jelas siswa SMKN 1 Cilegon ini.

Advertisement

Dunia usaha memang akrab di keseharian anak ketiga dari empat bersaudara ini. Orangtua Ajay membuka warung di depan rumahnya yakni di Padarincang, Kabupaten Serang. Usaha ini sudah berjalan bahkan sebelum kedua orangtuanya memiliki anak.

“Dari belum mempunyai anak, mamah udah berjualan. Bisa dibilang warung pertama di kampung,” imbuh lulusan MTsN 2 Serang ini.

Ajay juga bercerita, wirausaha seperti melekat di keluarganya. Sang kakak ipar juga berjualan. Semula berjualan di Tanah Abang, namun selama pandemi ini tidak bisa beroperasi. Akhirnya pulang ke kampung dan membuka toko di Pasar Padarincang. Itu pun hanya saat Ramadan mendekati Lebaran tahun lalu. Untuk Ramadan tahun ini, Ajay mengaku belum mengetahui apa rencana sang kakak.

Cowok yang kerap disapa Ajay ini bilang, anak muda yang memiliki usaha sendiri bisa dibilang keren. Apalagi di usianya yang masih muda udah bisa mandiri. Pesan Ajay, teruskan dan lanjutkan usaha.

Advertisement

“Tidak boleh henti diiringi dengan doa dan usoli,” tukas pemilik akun Instagram @sank.pajar ini.

Tantangan dalam berwirausaha kata Ajay, tidak ada lagi selain nafsu. Jadi menurut pehobi olahraga ini, kudu bisa menahan hawa nafsu. Seperti hawa nafsu untuk membelanjakan uang dari hasil usaha pada hal-hal tidak berguna.

Ajay saat ini sedang membuka usaha blangko undangan pernikahan dan khitanan. Konsumen bisa membeli blangkonya saja ataupun bisa terima beres. Bisa dicari tahu dan dipesan melalui akun Instagram @blankoin.

“Masih dibilang baru berjalan. Tokonya di samping Polsek Padarincang. Pengen juga nantinya ada potokopian. Sekarang cuma baru jual alat-alat sekolah gitu. Kenapa Ajay buka usaha ini, ini usaha keluarga dan di Padarincang masih dibilang belum kelihatan gitu,” tutup remaja yang berdomisili di Kampung Sukajaya, Desa Citasuk, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang. (hilal)

Advertisement
LANJUT BACA

Hilal Ahmad

Pembaca buku-buku Tereliye yang doyan traveling, pemerhati dunia remaja yang jadi penanggung jawab Zetizen Banten. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2006.