Youngpreneur

Ahlal Kalum ; Inspirasi dan Wejangan dari Almarhum Nenek dan Uwak

BISNISBANTEN.COM — Ahlal Kalum punya cerita seru nih seputar skill merias wajah yang menghasilkan cuan-cuan. Jadi sebelum buka jasa makeup, mendiang nenek dan uwak Ahlal itu perias pengantin.

“Nah jadi ketika perpisahan atau graduation itu pasti ada aja yang nyewa baju kebaya plus make up-nya. Alal belajar make up itu sebenernya iseng aja sih. Tapi lama-lama seru juga. Nah dari situ Alal mulai lihat YouTube terus banyak nanya juga ke uwak dan almarhum nenek yang udah tau perjalanan dunia tata rias,” tutur pemilik nama lengkap Muhammad Ahlal Kalum ini.

Orang yang pertama kali Ahlal make up adalah sang sepupu. Itu pun Ahlal memakai alat make up punya almarhum nenek dan hasilnya lumayan bagus. Akhirnya ketika SMK, lulusan SMKN 1 Kota Serang ini menabung sendiri untuk membeli alat-alat make up.

Advertisement

“Nah dari situ Alal memberanikan diri buat buka jasa make up. Selain itu ketika ada yang menggunakan jasa rias pengantin punya almarhum nenek, uwak juga mempercayakan Alal buat make up-in pengantinnya,” tutur remaja yang tinggal di Kp. Sukadana 1 RT/RW 001/003, Kasemen, Kota Serang.

Sebelum nenek wafat, Ahlal bilang, banyak banget wejangan yang didapat. Salah satunya adalah kalau mau me-make up pengantin itu harus puasa dulu dan tidak boleh sembarangan.

“Daerah yang udh pernah Alal injak untuk awal make up-in orang sih tentunya daerah sendiri (Kota Serang-red), paling jauh itu ketika lomba FLS2N di Aceh buat ngebantuin make up pemain teater,” tutur pemilik akun Instagram @ahlalkalum ini.

Di setiap usaha dan karir menurut Ahlal pasti ada tantangan. Tidak menutup kemungkinan di ranah make up. Menurut Ahlal tantangan yang paling berat adalah bisa mempertahankan dan juga bisa bersaing dengan MUA yang handal tentunya.

Advertisement

Menelaah make up yang trendi juga, kata anak sulung ini, salah satu tantangan terberat. Apalagi ketika ada klien yang harus banget clear make up-nya itu pagi, contohnya pengantin. Nah itu juga lanjut Ahlal, salah satu effort buat MUA agar bisa membuat klien senang dan juga puas.

“Yang namanya MUA itu harus bisa memegang klien baik pengantin, wisuda, ataupun penari. Alhamdulillahnya Alal bisa megang semua. Tapi lebih dominan ke wisuda,” tutur Zetizen Icon Berbakat 2020 ini.

Ahlal mengaku, sebenernya dia tidak mengikuti kursus make up. Media pembelajaran versi Ahlal saat ini banyak salah satunya YouTube. Ahlal belajar make up mulai dari almarhum nenek, uwak dan juga YouTube.

“Banyak banget keseruan meke up-in orang. Salah satunya adalah ketika si klien itu tidur pas di-make up, mungkin karena kepagian jadi akhirnya ngantuk,” tutur Ahlal yang menbuka akun Instagram @makeupahlal untuk melayani kliennya ini.

Saat ini Ahlal bekerja di salah satu penyedia roti franchise terkemuka. Sebelum ini Ahlal juga pernah berwirausaha. Salah satu brandnya adalah Ngunyem Bae yang menjual beragam cemilan. Sebelumnya juga Ahlal pernah punya usaha jualan tas tas cowok yang lagi trendi gitulah.

Ditanya lebih nyaman mana antara berwirausaha atau bekerja, remaja yang hobi berteater ini menegaskan, lebih memilih usaha.

“Karena kalau kita punya usaha sendiri, sekecil apapun usahanya kita lah bosnya. Tapi kenapa sekarang Alal kerja, karena Alal harus punya bekal tabungan serta memikirkan kembali cara mengatur agar tetap bertahan dalam berusaha nanti,” pungkas anak ke 1 dari tiga bersaudara ini. (hilal)

Advertisement
LANJUT BACA

Hilal Ahmad

Pembaca buku-buku Tereliye yang doyan traveling, pemerhati dunia remaja yang jadi penanggung jawab Zetizen Banten. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2006.