InvestasiKeuangan

5 Rahasia Reksa Dana yang Perlu Kamu Pahami

BISNISBANTEN.COM — Reksa Dana bisa menjadi salah satu alternatif investasi. Instrumen ini ternyata bisa jadi investasi multifungsi lho. Ada beberapa rahasia Reksa Dana yang perlu dipahami oleh calon investor.

  1. Reksa Dana sebagai Dana Darurat 

Reksa Dana Pasar Uang (RDPU) sebagai alternatif menyimpan dana darurat karena paling rendah risiko dan bisa dicairkan kapanpun tanpa kena biaya penalti.

Bagi porsi dana darurat kamu di rekening tabungan bank dan sisanya di RDPU. Karena proses pencairan RDPU perlu waktu paling lambat 3 hari kerja walaupun bisa dicairkan kapanpun.

Advertisement

Jadi, saat ada keadaan mendesak. Kamu bisa langsung pakai uang dari rekening tabungan bankmu.

  1. Reksa Dana Cocok untuk Berbagai Jangka Waktu Investasi

Punya target ngumpulin uang 3 tahun untuk beli kendaraan, 1 tahun untuk liburan, atau 5 tahun keatas untuk dana pensiun?

Tenang, semuanya bisa dicapai dengan investasi reksa dana! Karena ada 4 jenis reksa dana yang cocok untuk capai tujuan keuanganmu dengan berbagai jangka waktu investasi

Contoh:

Advertisement

RDPU lebih cocok untuk investasi kurang dari setahun karena pergerakan harganya cenderung stabil. Lalu, Reksa Dana Obligasi dan Reksa Dana Campuran untuk investasi 1-5 tahun. Sedangkan Reksa Dana Saham lebih tepat untuk investasi lebih dari 5 tahun.

Tetapi, tetap perhatikan profil risiko kamu juga. Kalau profil risiko kamu masih konservatif, nggak masalah jika porsi investasi lebih banyak di RDPU dan sisanya ditempatkan ke jenis reksa dana lain.

  1. Reksa Dana sebagai Batu Loncatan dalam Perjalanan Investasi 

Faktanya di tahun 2021, 90% investor pasar modal atau sebanyak 6,8 juta orang adalah investor reksa dana. Maka tidak heran jika reksa dana sering dikatakan sebagai batu loncatan dalam berinvestasi.

Jadi buat kamu yang baru belajar investasi, kamu sudah tepat coba dari reksa dana dulu. Yang bisa dimulai dari RDPU yang bergerak stabil, lalu perlahan bisa coba mulai investasi RDO. Selanjutnya, lebih memahami pergerakan pasar dengan berinvestasi RDS.

Semakin kamu mendalami ilmunya dan menjadi lebih paham. Kamu akan percaya diri untuk mulai investasi yang lebih berisiko seperti saham.

  1. Reksa Dana jadi Hadiah

Reksa dana bisa juga dijadiin sebagai hadiah yang anti mainstream. Di Bibit, kamu bisa kasih reksa dana ke orang lain sebagai hadiah dengan fitur gift card.  Kamu bisa tentuin nominal gift cardnya sesuai budget.

Lalu, tersedia berbagai pilihan tema gift card untuk rayain momen spesial dari:

  • Ulang tahun
  • Pernikahan
  • Idul Fitri
  • Natal, dan masih banyak lagi

Selain itu, saat kamu kasih gift card reksa dana, kamu bisa mendorong orang lain untuk mulai berinvestasi lho!

  1. Reksa Dana jadi Warisan

Tidak hanya tabungan dan aset properti, reksa dana juga bisa kamu wariskan. Bibit menyediakan fitur ahli waris sehingga kamu bisa mendaftarkan ahli waris untuk investasi reksadanamu.

Kamu bisa mengatur waktu berapa lama sejak kamu terakhir membuka aplikasi Bibit agar Bibit nantinya mengirimkan notifikasi kepada ahli warismu.

Gimana kamu jadi lebih paham kalau reksa dana memiliki segudang manfaat? Yuk, lanjutin perjalanan investasi kamu di reksa dana dan wujudkan tujuan keuanganmu. (susi)

LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com