Lifestyle

Waspada Cuaca Ekstrim, Begini Tips Menghadapi Cuaca Ekstrim

BISNISBANTEN.COM – Akhir -akhir ini cuaca sedang tidak menentu. Hal ini juga telah dikonfirmasi oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika bahwa sebagian wilayah di Indonesia akan diprediksi mengalami cuaca ekstrim pada Februari ini yaitu sekitar 22 hingga 28 Februari mendatang.

Adanya cuaca ekstrim ini dikarenakan beberapa faktor yang diantaranya karena aktifnya monsiun Asia, kemudian adanya faktor hangat permukaan laut di Indonesia yang memicu mudahnya air menguap dan terkumpul menjadi awan hujan.

Oleh karena itu, masyarakat dihimbau untuk waspada dengan adanya cuaca ekstrim dan bencana ini dengan menjaga imun tubuh serta beberapa persiapan untuk menghadapi dampak akibat cuaca buruk atau ekstrim hidrometeorologi di bulan ini.

Advertisement

1. Hindari aktivitas di tempat yang rawan

Saat cuaca ekstrim ini diharapkan untuk menghindari di tempat yang rawan baik beraktivitas, berteduh, dan memarkirkan kendaraan dibawah tempat yang rawan seperti di bawah pohon, baliho dan sebagainya karena rentan tumbang atau rubuh akibat tiupan angin kencang di cuaca ekstrim.

2. Menjaga tubuh tetap bugar

Menjaga kebugaran tubuh sangat penting dikala cuaca ekstrim agar tubuh tetap kuat dalam mengahadapi cuaca ekstrim. Menjaga kesehatan dan kebugaran dapat dilakukan dengan berbagai cara mulai dari makan makanan yang sehat dan bergizi dan rutin untuk berolahraga.

Advertisement

3. Minum air putih

Minum air putih sangat penting karena dapat mencegah terjadinya dehidrasi, dan perbanyak air minum baik di saat cuaca panas atau dingin.

4. Tetap menjaga kebersihan

Agar terhindar dari bencana dampak cuaca ekstrim, harus tetap menjaga kebersihan baik kebersihan diri maupun kebersihan lingkungan. Seperti harus memastikan tidak ada air menggenang, sampah menumpuk dan air selokan juga harus mengalir tidak tersumbat atau bebas sampah.

Tetap waspada terhadap cuaca ekstrim dan jaga diri tetap bugar. (Ismi)

Advertisement
LANJUT BACA