Kuliner

Sudah Ada Sejak 1988, Bolu Satu Ini Paling Dicari karena Ibu Terkenal Citra Rasanya

BISNISBANTEN.COM – Coba sebut nama Ibu Onih, yang terlintas dalam benak adalah bolu lezat, empuk, dan wangi. Harganya pun hemat. Tidak heran jika Bolu Onih memiliki cabang dimana-mana.

Sudah tahu belum, ternyata Bolu Onih ini tidak hanya ada di Jalan Bhayangkara no.1 Sumur Pecung, Kota Serang, Banten loh. Ya walaupun ini termasuk cabang terlama yang banyak orang ketahui. Selain di sini, Bolu Onih ada di tempat lain di Kota Serang. Antara lain di depan perumahan Griya Permata Asri Dalung, Lontarbaru, bahkan di Ciruas. Di Tangerang juga Bolu Onih ada di Pasar Curug.

Selain offline, Bolu Ibu Onih juga dijual di marketplace seperti Shopee dan Bukalapak.

Advertisement

Bolu Ibu Onih ini ternyata sudah ada sejak 1988 loh. Pusatnya ada di Sukabumi. Penciptanya adalah Onih Suhartini.

Di tangan Onih Suhartini, buah pisang disulap menjadi jajanan ubernilai jual tinggi. Bertempat di Jalan Raya Sukaraja, Gang Mesjid, Sukabumi, Jawa Barat, bolu pisang buatannya mampu memikat hati banyak pelanggan. Tidak cuma bolu pisang, wanita berkaca mata juga itu mampu mengembangkan usaha dengan membuat puluhan ragam kue.

Ibu Onih memulai usaha dari hobi membuat kue. Ia menitipkan satu hingga dua kotak kue di sejumlah warung terdekat.

Advertisement

Dari sinilah lambat laun usahanya mulai dikenal masyarakat. Berbagai pesanan pun mengalir deras.

Bolu pisang buatan Ibu Onih tidak menggunakan bahan pengawet. Ini menjadi ciri khas karena bolu Ibu Onih direkomendasikan disajikan dalam keadaan fresh.

Menilik Instagram @bolubuonih, tersedia beragam menu selain bolu, seperti brownies dan tart. Di akun dengan 383 pengikut ini, sejak postingan pertama pada 23 April 2017 sudah konsisten mempromosikan menu. Oh ya, tampilan toko bolu Bu Onih pun sama seperti cabang lain di Banten yakni dominan warna orange.

Bolu Ibu Onih cocok disajikan hangat dengan secangkir kopi dan dapat juga dibuat untuk hantaran pernikahan. Juga acara lain seperti rapat-rapat dan sebagainya.

Masalah rasa, enak dan bikin nagih. Varian rasanya ada cokelat, keju, pisang, pandan, tape, karamel, dan lain-lain. Juga ada lapis ketan. Teksturnya lembut.

Meskipun banyak yang mengatakan, bolu ini memiliki rasa yang jadul, namun sangat bersahabat di lidah. Cita rasa klasiknya tidak terlupakan. Untuk ukuran tersedia sedang dan besar.

Salah satu varian unggulannya adalah bolu pisang, manisnya lembut dan gurih. Tapi bolu karamel dan tapenya juga khas banget. harga terjangkau.

Yap, inilah bolu legendaris yang masih tetap terjaga kwalitas dan rasanya. Bolu penolong bagi ibu-ibu yang tidak ingin ribet sebagai suguhan di berbagai acara. Pernah mencicipi bolu ini juga? (Hilal)

Advertisement
LANJUT BACA

Hilal Ahmad

Pembaca buku-buku Tereliye yang doyan traveling, pemerhati dunia remaja yang jadi penanggung jawab Zetizen Banten. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2006.