Banten24

Stadium General Fakultas Dakwah UIN SMH Banten, Berikan Pendidikan Kebencanaan Gandeng Dompet Dhuafa

BISNISBANTEN.COM – Dalam rangka jelang perkuliahan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) menyelenggarakan Stadium General.

Kegiatan yang dilakukan secara rutin tersebut kali ini bekerja sama Dompet Dhuafa dan digelar di Aula lantai 3 Fakultas Dakwah, Kamis (23/2/2023).

Tema dari Stadium General kali ini yaitu “Aksi Kolektif Dalam Membangun Resiliensi Kebencanaan Komunitas”.

Advertisement

Materi disampaikan Kepala Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa, Haryo Mojopahit.

Materi yang diberikan pada stadium general ini yaitu mengenai masalah pendidikan kebencanaan yang diperuntukkan bagi mahasiswa khususnya jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) agar peduli terhadap masalah kebencanaan.

Meski begitu, Dekan Fakultas Dakwah menyampaikan, materi ini juga dapat diperuntukkan bagi semua jurusan.

“Walaupun digagas oleh PMI tapi diperuntukkan bagi semua jurusan di BKI pasca bencana kadang mereka trauma, maka diterjunkan anak kita untuk sebagai psikolog dibuat kegiatan trauma healing,” ujar Endad Musaddad, Dekan Fakultas Dakwah UIN SMH Banten.

Advertisement

“KPI juga sama, melakukan kegiatan di wilayah bencana, memberikan petuah keagamaan kepada masyarakat yang terdampak bencana, agar mereka tidak frustasi, putus asa, dan bangkit kembali,” sambungnya.

Endad juga menyampaikan, tujuan kegiatan ini guna memberikan pendidikan kepada mahasiswa di masa yang akan datang saat terjun di masyarakat dan berbagi kepedulian supaya tidak canggung lagi.

Selain hasil dari proses pembelajaran yang dilakukan di kampus dalam bentuk general stadium, pihak kampus juga ada berbentuk MoU.

“Iya jadi ada MoU bukan hanya kebencanaan tapi bantuan, biasa di kita ada semacam santunan anak yatim bersama Dompet Dhuafa. Misalnya ada pembangunan sekolah di wilayah terpencil bisa bekerja sama dengan Dompet Dhuafa, banyak ruang lingkupnya bukan hanya kebencanaan, anak kekurangan gizi bisa dibantu melalui kerjasama,” paparnya.

Banyak juga mahasiswa yang telah melakukan kontribusi, termasuk dalam program KKN yang mereka jalani. (Ismi)

Advertisement
LANJUT BACA