Mobil

Sipeka, Terobosan Meningkatkan Investasi di Banten

Beberapa faktor pendorong meningkatnya investasi di Provinsi Banten tahun ini, tidak juga lepas dari terobosan layanan berbasis online yang kami kembangkan yakni SIPEKA.

BISNISBANTEN.COM — Pertumbuhan investasi Provinsi Banten terus menunjukan peningkatan yang positif. Hal ini terlihat dalam skala nasional. Provinsi yang menjadi penopang ibu kota Indonesia ini selalu masuk dalam jajaran lima besar sebagai daerah tujuan investasi.

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Provinsi Banten Wahyu Wardhana menjelaskan, capaian investasi pada triwulan II kali ini, merupakan indikator bahwa peningkatan dan potensi penanaman modal di Banten sangat kondusif.

“Keberhasilan realisasi investasi Banten, terhitung mulai Januari-Juni 2017 mecapai 168,79 persen terhadap target daerah dan 38,45 persen terhadap target nasional,” katanya, Senin (18/9).

Advertisement

Wahyu menambahkan, total realisasi investasi Provinsi Banten tahun Triwulan II (April-Juni) Tahun 2017 sebesar Rp11,46 triliun dengan 1.439 proyek. Realisasi investasi Penanaman Modal Asing (PMA) pada TW II Tahun 2017 sebesar Rp9.43 triliun dengan 1.157 proyek dan berada di peringkat ke-4 setelah Provinsi Sulawesi Tengah.

Sementara Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) berada sebesar Rp2,03 triliun dengan 282 proyek dan menempati peringkat ke-6 setelah Provinsi Jawa Tengah. Namun, secara kumulatif, dari Januari-Juni realisasi PMA Banten menduduki peringkat ke-3 dengan realiasasi investasi sebesar 1,224 juta US$ dan 1525 proyek. Sementara PMDN per Januari-Juni berada di peringkat ke-5 dengan capaian Rp7,5 triliun dan 393 proyek.

“Beberapa faktor pendorong meningkatnya investasi di Provinsi Banten tahun ini, tidak juga lepas dari terobosan layanan berbasis online yang kami kembangkan yakni SIPEKA atau Sistem Pelayanan Perizinan Elektronik Terbuka,” tambahnya.

Diketahui, SIPEKA yang saat ini tengah dikembangkan oleh Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) merupakan salah satu sistem pelayanan elektronik yang terbuka. Dalam arti terbuka setiap pengguna dari berbagai lapisan bisa mengajukan permohonan perizinan.

Advertisement

Investor atau User bisa membuka laman http://dpmptsp.bantenprov.go.id/ > SIPEKA < Layanan Perizinan Online. (gag/red)

Advertisement
LANJUT BACA