Lifestyle

Sejumlah Netizen Ungkap Kesal Dibilang Shimer Shimer Padahal Pakai Baju Silk, Ini Perbedaan Antara Bahan Silk dan Shimer

BISNISBANTEN.COM – Ketika berbicara tentang bahan pakaian, silk dan shimer adalah dua jenis yang sering menjadi pilihan.

Bahan shimer memang sedang tren semenjak lebaran kemarin. Namun hingga kini rupanya banyak yang merasa malu memakai outfit berbahan shimer semenjak viral, sehingga banyak yang mengurungkan niat untuk memakainya.

Ternyata ada banyak pula yang mengeluh banyaknya yang keliru antara bahan silk dengan shimer. Sehingga yang memakai outfit bahan silk pun kena imbasnya jadi tak percaya diri.

Advertisement

Meskipun keduanya memiliki tekstur yang halus dan mewah, ada beberapa perbedaan kunci yang membedakan keduanya.

Silk

1. Bahan Dasar

Silk dibuat dari serat alami yang dihasilkan oleh ulat sutera. Proses produksinya melibatkan pemintalan serat sutera menjadi benang yang kemudian dijadikan kain.

2. Keunggulan

Advertisement

– Kenyamanan: Silk memiliki kemampuan alami untuk menyerap kelembapan, menjadikannya nyaman untuk dikenakan di berbagai cuaca.

– Kehalusan: Tekstur silk yang halus memberikan sentuhan mewah dan elegan.

3. Perawatan

Silk memerlukan perawatan khusus, seperti pencucian tangan dengan deterjen lembut dan pengeringan di tempat yang teduh untuk menjaga kualitas dan keindahannya.

Shimer

Bahan shimmer memiliki efek berkilau atau glitter. Bahan shimmer seringkali terbuat dari serat sintetis seperti poliester atau serat metalik yang dicampur dengan serat lainnya.

Permukaannya memiliki lapisan yang memberikan efek kilauan atau glitter yang terlihat di bawah cahaya.

1. Bahan Dasar

Shimer adalah bahan sintetis yang biasanya terbuat dari campuran serat seperti polyester atau rayon. Bahan ini dirancang untuk memberikan efek berkilau atau shimmering.

2. Keunggulan

– Daya Tahan: Shimer cenderung lebih tahan lama dan mudah dirawat dibandingkan dengan silk.

– Variasi Warna: Banyak pilihan warna dan pola yang dapat diterapkan pada bahan shimer.

3. Perawatan

Shimer lebih mudah dirawat dibandingkan silk, umumnya bisa dicuci dengan mesin dan lebih tahan terhadap noda dan kerutan.

Meskipun silk dan shimer memiliki keunikan dan keunggulan masing-masing, pilihan tergantung pada preferensi pribadi, kebutuhan fungsional, dan anggaran.

Silk cocok untuk mereka yang menghargai kenyamanan dan kehalusan, sedangkan shimer dapat menjadi pilihan yang baik untuk tampilan yang berkilau dengan perawatan yang lebih mudah. (Sarah)

Advertisement
LANJUT BACA