Lifestyle

Penyebab Asam Urat yang Biasa Terjadi dan Cara Mengatasinya

BISNISBANTEN.COM – Asam urat adalah kondisi yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam darah, yang dapat menyebabkan pembentukan kristal di persendian.

Ini dapat menyebabkan serangan nyeri yang tiba-tiba dan parah, biasanya pada jempol kaki, tetapi bisa juga terjadi di sendi lain.

Memahami penyebab asam urat dan cara mengatasinya sangat penting untuk mencegah dan mengelola kondisi ini. Berikut adalah beberapa penyebab utama asam urat dan cara mengatasinya:

Advertisement

Penyebab Asam Urat

1. Pola Makan

Konsumsi makanan yang tinggi purin, seperti daging merah, makanan laut, dan jeroan, dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Minuman beralkohol, terutama bir, juga mengandung purin yang tinggi.

2. Kegemukan

Obesitas dapat meningkatkan produksi asam urat dan menurunkan kemampuan tubuh untuk membuang asam urat melalui urin, sehingga meningkatkan risiko serangan asam urat.

Advertisement

3. Konsumsi Alkohol

Minum alkohol, terutama bir dan minuman beralkohol manis, dapat meningkatkan produksi asam urat dan mengganggu ekskresi asam urat oleh ginjal.

4. Kondisi Medis

Beberapa kondisi medis seperti hipertensi, diabetes, penyakit ginjal, dan penyakit jantung dapat meningkatkan risiko asam urat. Selain itu, kondisi tertentu seperti psoriasis juga dapat mempengaruhi kadar asam urat.

5. Genetik

Riwayat keluarga dengan asam urat dapat meningkatkan risiko seseorang mengembangkan kondisi ini. Faktor genetik dapat mempengaruhi seberapa efisien tubuh memproses asam urat.

6. Obat-obatan

Beberapa obat, seperti diuretik (obat yang membantu tubuh mengeluarkan cairan berlebih) dan aspirin dalam dosis rendah, dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

Cara Mengatasi Asam Urat

1. Perubahan Pola Makan

– Kurangi Konsumsi Makanan Tinggi Purin

Batasi asupan daging merah, jeroan, makanan laut, dan makanan lain yang tinggi purin.

– Hindari Alkohol

Kurangi atau hindari konsumsi minuman beralkohol, terutama bir.

– Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Buah ceri, misalnya, diketahui dapat membantu mengurangi kadar asam urat.

– Minum Banyak Air

Pastikan Anda minum cukup air setiap hari untuk membantu ginjal mengeluarkan asam urat dari tubuh.

2. Menjaga Berat Badan Ideal

Menurunkan berat badan jika Anda kegemukan dapat membantu menurunkan kadar asam urat dan mengurangi risiko serangan asam urat.

3. Aktivitas Fisik Teratur

Olahraga secara teratur dapat membantu menjaga berat badan dan mengurangi risiko berbagai kondisi medis yang dapat mempengaruhi kadar asam urat.

4. Hindari Obat-obatan Pemicu

Konsultasikan dengan dokter Anda tentang obat-obatan yang Anda konsumsi. Beberapa obat mungkin perlu diganti dengan alternatif yang tidak meningkatkan kadar asam urat.

5. Konsumsi Obat Sesuai Anjuran Dokter

Dokter mungkin meresepkan obat untuk menurunkan kadar asam urat atau mengobati serangan asam urat.

6. Konsultasi dengan Dokter

Jika Anda sering mengalami serangan asam urat atau memiliki kadar asam urat yang tinggi, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat. Tes darah sederhana dapat mengukur kadar asam urat dalam darah Anda.

Dengan memahami penyebab asam urat dan mengikuti langkah-langkah pencegahan serta pengobatan yang tepat, Anda dapat mengelola kondisi ini dengan lebih baik dan mengurangi frekuensi serta keparahan serangan asam urat. (Sarah)

Advertisement
LANJUT BACA