Olahraga

Jogging Track dan Taman Astra Tol Serang Timur, Cari Tahu Yuk

BISNISBANTEN.COM – Kalau sering melintas dari area pintu tol Serang Timur menuju Kaligandu, pasti akrab dengan jogging track dan taman satu ini. Ya, Astra Tol Tangerang-Merak melakukan revitalisasi taman yang berada di sebelah kanan dari pintu tol dengan membangun berbagai fasilitas.

Jogging track ini dapat dipergunakan masyarakat sebagai sarana olahraga dan rekreasi setiap akhir pekan. Juga dapat dinikmati pengguna jalan lainnya untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan.

Area ruang terbuka hijau yang semula kawasan tertutup dan dibatasi pagar besi ini bisa dinikmati untuk umum. Dengan panjang 1,4 km terhitung dari terowongan Kaligandu sampai pos polisi Serang Timur, fasilitas yang mengusung tema “Ayo Bangkit Ikhtiar untuk Negeri Ini” memiliki luas 25.000 m2.

Advertisement

Selain jogging track, juga ada beberapa spot foto seperti gerbang mini melengkung bercat warna-warni. Ada juga foodcourt dua lantai tak jauh dari pos polisi. Tersedia juga tempat parkir untuk kendaraan roda dua dan empat. Terdapat juga sarana ibadah.

Beberapa waktu lalu, bertepatan dengan peringatan HUT ke 76 Kemerdekaan Indonesia, Astra Tol Tangerang-Merak menanam pohon buah langka (Pranaraksa) secara seremonial dan terbatas di area Taman Akses Serang Timur.

Saat itu Direktur PT Marga Mandalasakti, Adhi Resza mengatakan, penanaman ini selain untuk penghijauan juga bentuk komitmen dalam mempertimbangkan konservasi lingkungan melalui program konservasi tanaman langka nusantara (Pranaraksa).

Ini juga bagian dari pembangunan fasilitas Taman Akses Serang Timur yang difungsikan sebagai fasilitas umum yang dilengkapi area komersil yang diisi UMKM. Seperti kedai makanan, minuman, kerajinan atau oleh-oleh.

Advertisement

Taman Akses Serang Timur ini akan menggunakan panel surya sebagai sumber listrik dan pencahayaan. Ini sebagai penerapan green building ramah lingkungan.

Penataan sarana infrastruktur seperti pembuatan drainase di beberapa titik dan merelokasi tempat pembuangan sampah sementara (TPS) juga dilakukan di sini. Khusus relokasi TPS ini disertai pembuatan perkerasan lantai sebagai alas untuk penempatan kontainer sampah yang dilengkapi atap agar terhindar terkena air hujan sehingga terlihat lebih bersih dan rapi.

Taman ini juga dinamai ‘Taman Petak Papat’ atau empat petak zona Serang yang mengedepankan konsep zona atau petak bertumbuh. Petak pertama yakni Bale Bagja Sarengan, ruang publik yang mengedepankan konsep tempat berkumpul bersilaturahmi untuk mencari kegembiraan dan kebahagiaan (bagja) bersama (sarengan).

Petak dua dan tiga Bale Bentang Pamekar, ruang publik ini menghubungkan (pamekar) petak satu dan empat, bentangnya menjadi pemersatu dinamika masyarakat Serang dan Banten, baik melalui aktivitas olahraga, kesenian, ekonomi produktif, maupun sosial kemasyarakatan lainnya.

Sementara petak empat yakni Bale Among Rasa, ruang publik tempat mengolah rasa sembari menikmati pemandangan pesawahan yang asri dan gerbang tol Serang Timur, lansekap gapura masuk ke wilayah Serang dan Banten. Perencanaan taman ini sudah dilakukan bahkan sejak 2018 oleh PT Marga Mandalasakti.

Rencananya peresmian dilakukan pada 4 Oktober 2021 bertepatan dengan hari ulang tahun ke-32 MMS, namun tidak menutup kemungkinan bahwa Taman Petak Papat akan dibuka lebih awal secara terbatas menyesuaikan terhadap pemberlakukan PPKM.

Bagaimana, sudah tidak sabar menantikan taman ini? (Hilal)

Tinggalkan Komentar

Advertisement
Baca Selengkapnya

Hilal Ahmad

Pembaca buku-buku Tereliye yang doyan traveling, pemerhati dunia remaja yang jadi penanggung jawab Zetizen Banten. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2006.