MobilOtomotif

Ini 4 Ciri-ciri Wiper Mobil Rusak dan Wajib Diganti, Hati-hati Kaca Baret dan Memicu Kecelakaan  

BISNISBANTEN.COM — Wiper memegang peran sangat penting di musim hujan. Sayangnya, karena hanya beroperasi saat dibutuhkan, beberapa AutoFamily mungkin kerap lupa melakukan perawatan. Walaupun kondisinya terlihat baik, namun AutoFamily harus memperhatikan beberapa hal yang menjadi ciri karet wiper rusak, supaya tetap aman dan nyaman ketika berkendara di musim hujan.

1. Tidak Optimal Menyeka Air 

Penyeka kaca yang kondisinya masih bagus akan bekerja optimal dalam membersihkan air. Namun, wiper yang rusak tidak akan sanggup menyeka air dengan baik, terutama ketika hujan deras. Kerusakan umumnya terjadi pada bilah pemegang karet wiper yang lemah pegasnya sehingga wiper gagal mengikuti kontur kaca saat bekerja dan meninggalkan jejak air.

Advertisement

2. Suara Berisik Saat Beroperasi 

Wiper yang kondisinya masih bagus ditandai oleh karet yang masih lentur dan tidak keras. Seiring waktu dan pemakaian, karet wiper akan semakin kaku dan kehilangan fleksibilitas. Biasanya, karet wiper yang sudah mengeras akan menimbulkan bunyi berisik saat bergesekan dengan kaca mobil.

3. Garis Air di Kaca Mobil 

Karena sudah tidak lentur, akan muncul banyak garis-garis air pada kaca ketika wiper bekerja. Selain membuat sapuan air kurang maksimal, garis air juga akan mengakibatkan baret pada kaca mobil yang akan menghalangi pandangan keluar. Jika didiamkan, baret akan semakin parah dan membuat kaca mobil rusak.

4. Gerakan Wiper Tidak Lancar 

Jika karet dalam kondisi masih bagus, gerakannya akan terasa lancar. Tapi ketika karet sudah keras, maka saat wiper dinyalakan gerakannya saat menyapu air bakal tersendat-sendat. Bahkan dapat membuat bilah wiper patah akibat terlalu sulit bergerak. Sama dengan ciri-ciri lainnya, sapuan wiper tidak akan maksimal sehingga mengganggu pandangan dan membuat kaca mobil rusak kalau didiamkan.

Sempatkan Memeriksa Kondisi Wiper 

AutoFamily dapat melihat langsung kondisi wiper dan pastikan karetnya tidak getas atau keras, termasuk mengecek kondisi bilah pemegangnya. Ingat, wiper rusak membuat pandangan pengemudi berkurang ketika hujan turun sehingga berisiko memicu kecelakaan. Tidak kalah merepotkan adalah munculnya baret di kaca yang sulit dihilangkan, bahkan karus ganti kaca mobil kalau tidak dapat diperbaiki.

AutoFamily juga bisa melihat kondisi wiper ketika bekerja. Ketika wiper menyapu air, di kaca akan terlihat adanya sisa air atau sapuannya tidak bersih. Tidak perlu ragu, segera kunjungi bengkel Auto2000 untuk mengganti wiper mobil. Bengkel Auto2000 hanya menggunakan wiper yang direkomendasikan, sehingga kinerjanya maksimal. Periksa pula kondisi wiper belakang dan defoger atau penghilang kabut.

Bagi AutoFamily juga bisa memanfaatkan program T-CARE yang merupakan program Gratis Biaya Servis (Biaya Jasa dan Suku Cadang) hingga servis berkala ke-7 (maksimal 3 tahun / 60.000 kilometer, mana yang lebih dulu). Serta perpanjangan garansi (extended warranty) 1 tahun atau 20.000 km, dengan syarat harus menjalankan servis berkala 1 bulan pertama.

Auto2000 Digiroom menyediakan Promo Kupon Servis dan Ganti Oli Toyota untuk pemeriksaan komponen mobil dan ganti oli dengan memanfaatkan Kupon Servis General Check Up seharga Rp 80.000. Program servis lain yang ditawarkan adalah Paket SPONTAN yang tidak terpengaruh kenaikan biaya jasa dan spare parts. Untuk perbaikan bodi mobil, tersedia Promo Body & Paint Kilau Toyota Pilihan. Syarat dan ketentuan berlaku.

“Salah satu komponen penting di musim hujan yang kerap terlupakan adalah wiper. Begitu wiper bermasalah, AutoFamily tidak dapat mengemudi dengan aman dan nyaman. Dampak buruk lainnya adalah kaca mobil baret yang sulit dihilangkan. Lakukan pemeriksaan wiper dengan lebih mudah saat servis berkala di Auto2000. Segera booking servis berkala lewat Auto2000 Digiroom www.auto2000.co.id dan manfaatkan program promo menguntungkan yang ditawarkan,” jelas Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, Jumat (25/11/2022). (susi)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com