Keuangan

BNI Salurkan Bansos PKH dan Sembako Lewat Agen46 di Serang

BISNISBANTEN.COM — Bank Negara Indonesia (BNI) Kantor Wilayah 14 menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kelurahan Kasunyatan, Kecamatan Kasemen pada Sabtu (31/7). Bansos ini disalurkan lewat Agen46 Citra Mandala Sejahtera yang diserahkan langsung Wakil Pemimpin Wilayah 14 BNI Jakarta BSD Agus Haedar Usman dan Pemimpin BNI KC Serang Agus Wibowo.

Ini dalam rangka mempercepat mendukung program pemerintah terkait penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) baik Program Keluarga Harapan (PKH) maupun Program Sembako/BPNT dimasa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) seperti saat ini.

BNI Kanwil 14 melakukan upaya percepatan dengan berbagai cara diantaranya memberikan informasi kepada KPM untuk segera mencairkan seluruh Bansos yang telah diterima yaitu Program sembako/BPNT dalam 3 (tiga) tahap sekaligus yaitu Tahap VII, VIII dan IX dan Bansos PKH 1 (satu) Tahap.

Advertisement

Upaya lainnya adalah mengingatkan Agen46 penyalur Bansos untuk memastikan stok sembako telah tersedia dengan harga wajar, memastikan kesiapan mesin EDC pada Agen46, memastikan ATM BNI di seluruh area BNI Kanwil 14 bisa beroperasi 24 jam dengan stok uang yang selalu terjaga serta mengingatkan untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan (3M) saat KPM bertransaksi di Agen46 maupun di ATM.

Pemimpin BNI KC Serang Agus Wibowo mengungkapkan, BNI ikut menyalurkan bantuan sosial melalui Agen46 dan ingin melihat langsung proses penyaluran. Untuk di Kota Serang ada sekitar 15 ribu penerima bansos dari enam kecamatan.
“Pada penyaluran bansos kali ini, diberikan dua bulan sekaligus yakni Agustus – September atau ke-8 dan 9 berupa paket sembako,” katanya.

Ia berharap, mudah-mudahan bantuan ini bisa membantu masyarakat pada saat ini sesuai dengan harapan pemerintah. BNI sendiri mengedepankan peran dari agen46 untu sebagai penyalur untuk menjalankan transaksi keuangan yang memberikan edukasi kepada masyarakat tentang literasi keuangan perbankan,” harapnya.

Wakil Pemimpin Wilayah 14 BNI Jakarta BSD Agus Haedar Usman mengungkapkan, BNI berkomitmen untuk membantu kelancaran dan mensukseskan program pemerintah dan mendorong kemajuan perekonomian masyarakat. Upaya percepatan penyaluran Bantuan Sosial serta Program Pemerintah lainnya yang dilakukan BNI ini merupakan bentuk sumbangsih dan kepedulian BNI mengingat dalam masa PPKM seperti saat ini.

Advertisement

“Masyarakat diminta untuk tinggal dirumah, maka percepatan penyaluran bantuan sosial menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam strategi pemerintah menanggulangi pandemi COVID-19,” katanya.

Bank BNI Kanwil 14 Jakarta – BSD sendiri menyalurkan lebih dari 54 ribu bansos kepada para penerima manfaat. Ia menuturkan, BNI hadir sebagai juru bayar dan tanpa pendamping sembako dan agen46 tidak bisa tersalurkan dengan baik. Ini merupakan sinergi semua pihak sehingga berjalan dengan baik.
“Mudah-mudahan bantuan yang diterima bisa dimanfaatkan dengan baik,” katanya.

Selain itu, ia meminta kepada penerima bansos agar memaksimalkan kehadiran Agen46 untuk melakukan berbayar transaksi seperti tarik tunai dan lainnya.

Agen46 Citra Madani Sejatera

Jahidi yang menjadi Agen46 sejak 2017 lalu menyalurkan bantuan bagi 800 penerima manfaat untuk Kelurahan Kasunyatan dan Kelurahan Kasemen Kecamatan Kasemen, Kota Serang.

Pada kesempatan ini, bansos yang disalurkan antara lain beras 12 kg, ikan bandeng, kacang hijau, dan buah nanas. Bantuan ini diserahkan untuk dua bulan sekaligus.

Ia merasa senang karena dipercaya melayani masyarakat yang bekerja sama dengan BNI. Ia juga melihat masyarakat senang dengan bantuan yang diterima. Dalam penyaluran ini, ia difasilitasi EDC sebagai modal transaks

Di Kota Serang ada sekitar 15.474 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan rincian Kecamatan Cipocokjaya 2.119 KPM, Kecamatan Curug 1.573 KPM, Kecamatan Kasemen 5.547 KPM, Kecamatan Serang 2.530 KPM, Kecamatan Taktakan 1.693 KPM, dan Kecamatan Walantaka 2.012 KPM. (susi)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com