Keuangan

BI Akan Gelar Festival Ekonomi Syariah

BISNISBANTEN.COM — Bank Indonesia akan menggelar Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) se regional Jawa yang berlangsung pada 5-10 Oktober secara virtual. Kegiatan bertujuan meningkatkan perekonomian dan keuangan syariah di Indonesia. Rencana kegiatan ini disampaikan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Erwin Soeriadimadja saat memaparkan acara Fesyar tersebut dalam Taklimat Media secara virtual, Kamis (1/10).


Festival yang mengusung tema Akselerasi Perana Ekonomi Syariah dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Regional ini sebagai salah satu langkah untuk acara selanjutnya yakni Indonesia Syariah Ekonomic Festival (ISEF). Kegiatan ini sebagai dukungan Bank Indonesia terhadap visi Indonesia sebagai pusat dari pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di dunia.


Ia menuturkan, ada enam hal yang akan difokuskan Bank Indonesia Regional Jawa antara lain Pemberdayaan Ekonomi Pesantren, Pengelolaan Ekonomi Daerah Berbasis Syariah, Penguatan Halal Lifestyle, Penguatan Halal Value Chain, Pemberdayaan UMKM, dan Optimalisasi Islamic Social Finance.
“Kegiatan ini akan menampilkan berbagai acara antara lain workshop, talkshop, seminar, pameran virtual, lomba, dan business coaching,” tuturnya.

Dalam pameran virtual, BI Banten juga menyiapkan beberapa UMKM Binaan untuk menampilkan produknya. Selain itu, ada juga lomba yang diikuti antara lain lomba pesantren unggulan yang diwakilin Al Mizan Lebak, Seni dan Tari Pondok Pesantren Turus Pandeglang, Wirausaha Muda, dan Laziz Bumi. Kepala BI Banten juga akan menjadi welcome remarks untuk talkshow Kupas Tuntas Ragam Investasi Syariah pada 9 Oktober dan Gaya Hidup Sehat Alam dan Halal pada 10 Oktober 2020.


Ia berharap, kegiatan ini bisa meningkatkan perekonomian syariah di Banten dan Bank Indonesia secara konsisten melakukan hal tersebut. “Apalagi di Banten mayoritas muslim dan kedepan ekonomi dan keuangan syariah semakin berlembang,” harapnya.


Taklimat Media ini juga dihadiri Kepala Divisi KPw BI Banten Gunawan, Kepala Tim Pengembangan Ekonomi KPw BI Banten Sugeng Siswanto, dan lainnya. Masyarakat bisa menyaksikan acara Festival ini lewat video zoom mulai 5 Oktober mendatang. (susi)

Tinggalkan Komentar

Advertisement
Baca Selengkapnya

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com