Lifestyle

Bagaimana Tips Memilih Suplemen Vitamin C yang Tepat?

BISNISBANTEN.COM — Sebelum menggunakan suplemen vitamin C, pastikan untuk memilih jenis dan bentuk yang sesuai. Ini bertujuan agar vitamin bisa diserap dengan baik oleh tubuh.

Vitamin C menjadi salah satu nutrisi penting untuk menunjang kesehatan. Ini termasuk ke dalam jenis antioksidan yang dapat membantu menetralisir racun dalam tubuh.

Vitamin C larut dalam air sehingga tubuh tidak dapat menyimpannya dalam waktu yang lama. Hanya, tubuh juga tidak dapat memproduksinya sendiri sehingga asupannya perlu dicukupi dari suplemen vitamin tambahan.

Advertisement

Jumlah rekomendasi harian asupan vitamin C untuk wanita adalah 75 miligram. Sedangkan untuk pria sebanyak 90 miligram. Batas maksimal konsumsi harian adalah 2000 miligram.

Cara Tepat Memilih Vitamin C

Kamu perlu mengetahui cara tepat memilih vitamin C agar manfaatnya bisa dirasakan oleh tubuh.

1. Perhatikan jenis vitamin C

Ada beragam jenis vitamin C. Kamu bisa memilih yang tepat dan sesuai dengan kondisi kesehatan. Antara lain:

• Asam askorbat. Ini adalah jenis paling umum dan cepat diserap oleh tubuh melalui aliran darah.

• Natrium askorbat. Ini adalah jenis vitamin suplemen yang dapat meminimalisir asam di perut.

• Kalsium askorbat. Ini adalah jenis paling ideal bagi pemilik lambung yang sensitif.

2. Pilih Bentuk yang Sesuai Kebutuhan

Vitamin C tersedia dalam bentuk tablet dan sirup. Suplemen vitamin dalam bentuk sirup bisa jadi pilihan kalau kamu tidak bisa mengonsumsi tablet.

3. Pastikan Aman di Lambung

Jenis vitamin C yang aman untuk pengidap perut sensitif adalah kalsium askorbat dan sodium askorbat. Konsumsi dalam takaran yang telah direkomendasikan di atas, jangan melebihi 1000 miligram per hari.

4. Perhatikan Kadar Gulanya

Vitamin C memiliki kandungan gula tambahan di dalamnya. Jika kamu sedang mengurangi asupan gula, pastikan kadar gula dalam suplemen vitamin tidak melebihi 4 gram per tablet.

Itulah cara memilih suplemen vitamin C yang tepat. Pastikan mengonsumsinya dalam dosis yang dianjurkan. Sebab, mengonsumsi berlebihan dapat menimbulkan efek samping berupa diare dan mual. (susi)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com