Mobil

2018, Telkom Akan Luncurkan Satelit Keempat

BISNISBANTEN.COM – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) mencanangkan akan meluncurkan satelit Telkom 4 pada pertengahan 2018 mendatang.

Informasi mengenai peluncuran ini berdasarkan rilis yang diterima redaksi bisnisbanten.com pada 30 Agustus lalu.

Sejak 2016 lalu, Telkom memutuskan untuk meluncurkan satelit Telkom 4 di pertengahan 2018 mendatang. Peluncuran ini memang direncanakan untuk menggantikan satelit Telkom 1 di slot orbit 108 BT. Jumlah kapasitas Satelit Telkom 4 lebih besar dari kapasitas satelit Telkom 1 sebagai upaya memenuhi kebutuhan transponder yang kian meningkat.

Advertisement

“Dengan tidak berfungsinya Satelit Telkom 1, Telkom akan mengawal ketat agar peluncuran satelit Telkom 4 dapat dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang direncanakan,” kata Dirut Telkom Alex J. Sinaga.

Sementara hasil terkini dari investigasi yang dilakukan secara intensif oleh Telkom bersama Lockheed Martin selaku pabrikan Satelit Telkom 1, menyatakan Satelit Telkom 1 tidak dapat dioperasikan kembali. Berdasarkan analisis yang mendalam, satelit tidak berfungsi normal, sehingga Lockheed Martin merekomendasikan agar dilakukan proses shut down untuk Satelit Telkom 1. Hal ini dilakukan untuk menghindari interferensi dengan satelit lain.

Seperti diketahui, satelit Telkom 1 diluncurkan pada 13 Agustus 1999 dan memiliki usia desain 15 tahun mengalami anomaly sejak 25 Agustus lalu. Namun, berdasarkan hasil assessment bekerjasama dengan Lockheed Martin pada 2014 dan 2016, satelit Telkom 1 dinyatakan dalam kondisi baik dan dapat beroperasi normal dengan kecukupan bahan bakar hingga beberapa tahun kedepan, sekurang kurangnya sampai 2019. (gag/red)

Advertisement

Advertisement
LANJUT BACA