Keuangan

Tetap Waspada, Kenali Kejahatan Digital dan Simak Tipsnya!

BISNISBANTEN.COM – Saat bulan Ramadan, selain harus tahan godaan lapar dan haus, Anda juga harus tetap waspada akan godaan kejahatan digital selama bulan Ramadan.

Dalam laman Instagram resminya Otoritas Jasa Keuangan Indonesia membagikan informasi mengenai jenis-jenis kejahatan digital untuk masyarakat beserta dengan tipsnya. Nah ada apa saja? Simak ini.

  1. Social Engineering

Jenis kejahatan digital ini yakni tindakan memanipulasi psikologis korban untuk mendapatkan data dan informasi pribadi dengan tujuan membobol akun keuangan korban. Contohnya penipuan melalui telepon seolah call center bank.

Advertisement

2. Phising

Selanjutnya, ada yang namanya Phising yaitu tindakan dimana pelaku memancing korban untuk mendapatkan informasi atau data pribadi. Contohnya penipuan melalui situs palsu, file.APK seperti undangan, tagihan, bukti pengiriman, dan lainnya.

3. Card Tapping

Kejahatan ini berupa tindakan pelaku yang mengganjal lubang kartu di ATM agar kartu nasabah tersangkut dan dapat diambil alih. Contohnya mengganjal lubang ATM agar kartu terjebak pada mesin sehingga tidak bisa diambil oleh nasabah.

Advertisement

4. Skimming

Skimming merupakan tindakan kejahatan dalam bentuk tindakan pencurian informasi keuangan pada kartu ATM dengan cara menyalin data pada strip magnetik kartu tersebut. Contohnya penipu menempelkan alat skimmer pada slot kartu ATM, sehingga pelaku dapat menduplikasi kartu nasabah.

Nah, jika sudah mengenali jenis tindakan kejahatan tersebut. Anda dapat mengikuti tips agar terhindar dari kejahatan digital.

1.Jangan pernah memberikan data atau informasi pribadi dari akun keuangan seperti PIN, OTP, CVV/CVC dan password keuangan kepada pihak manapun.

2.Gunakan password & PIN yang tidak mudah ditebak dan jangan gunakan inisial, tanggal lahir, nomor telepon atau kombinasinya.

3.Tidak mengklik link sembarang apalagi dari pihak yang tidak dikenal.
Gantilah password dan PIN akun keuanganmu secara berkala.

Nah, itu dia jenis kejahatan digital dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat. (Ismi)

Advertisement
LANJUT BACA