Kuliner

Tak Disangka! Jajanan Jadul Ini Masih Hits Hingga Kini

BISNISBANTEN.COM – Indonesia memiliki kekayaan kuliner yang luar biasa, termasuk berbagai jenis jajanan tradisional yang sudah ada sejak zaman dahulu.

Meskipun zaman terus berkembang, beberapa jajanan jadul masih tetap eksis dan populer hingga saat ini.

Jajanan jadul Indonesia memiliki tempat istimewa di hati banyak orang. Meskipun waktu terus berjalan dan banyak makanan modern bermunculan, jajanan-jajanan tradisional ini tetap bertahan dan populer di kalangan masyarakat.

Advertisement

Kelezatan dan keunikan dari jajanan-jajanan ini tidak hanya memberikan kenangan manis bagi yang pernah mencobanya di masa kecil, tetapi juga terus menarik minat generasi muda yang ingin merasakan cita rasa khas jaman dulu.

Berikut adalah beberapa jajanan jadul yang masih viral dan dicintai oleh berbagai kalangan hingga kini.

1. Kue Cubit

Kue cubit adalah jajanan yang terbuat dari adonan tepung terigu, telur, gula, dan susu yang dimasak dalam cetakan kecil. Biasanya disajikan setengah matang atau matang dengan berbagai topping seperti meses, keju, dan cokelat.

Advertisement

Kue cubit masih sangat populer dan sering dijumpai di berbagai pasar tradisional serta food stall modern.

2. Cilok

Cilok, singkatan dari “aci dicolok,” adalah bola-bola kecil dari tepung tapioka yang direbus atau dikukus, lalu disajikan dengan bumbu kacang, saus sambal, atau kecap manis.

Rasanya yang kenyal dan lezat membuat cilok tetap menjadi favorit di kalangan anak-anak hingga orang dewasa.

3. Rambut Nenek

Rambut nenek, juga dikenal sebagai arum manis, adalah jajanan yang terbuat dari gula yang dipanaskan hingga membentuk serat-serat halus seperti rambut.

Biasanya dijual dalam kemasan plastik transparan. Meskipun tergolong jadul, rambut nenek masih sering dicari karena rasanya yang manis dan teksturnya yang unik.

4. Kue Lumpur

Kue lumpur adalah kue tradisional yang lembut dan manis, terbuat dari campuran kentang, santan, telur, dan gula. Biasanya diberi taburan kismis di atasnya.

Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang creamy, sehingga tetap populer hingga saat ini.

5. Onde-Onde

Onde-onde adalah bola-bola dari tepung ketan yang diisi dengan pasta kacang hijau manis dan dilapisi dengan biji wijen. Jajanan ini digoreng hingga kuning kecokelatan dan memiliki tekstur yang kenyal dengan rasa yang manis.

Onde-onde masih sering dijumpai di pasar tradisional maupun toko kue modern.

6. Klepon

Klepon adalah bola-bola kecil dari tepung ketan yang diisi dengan gula merah cair dan digulung dalam parutan kelapa.

Saat digigit, gula merah di dalamnya akan meleleh, memberikan sensasi rasa yang manis dan lezat. Klepon tetap menjadi jajanan favorit yang banyak dicari hingga saat ini.

7. Es Gabus

Es gabus adalah jajanan es jadul yang terbuat dari campuran tepung hunkwe, gula, dan santan yang dibekukan. Es ini memiliki tekstur yang lembut dan kenyal, serta rasa yang manis dan menyegarkan.

Meskipun tergolong jajanan jadul, es gabus masih sering ditemukan di sekolah-sekolah dan pasar tradisional.

8. Kerupuk Miskin

Kerupuk miskin adalah kerupuk khas yang digoreng tanpa minyak, melainkan menggunakan pasir panas. Kerupuk ini memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang gurih.

Meskipun proses pembuatannya cukup unik dan tradisional, kerupuk melarat masih banyak digemari hingga saat ini. (Sarah)

Advertisement
LANJUT BACA