Rakhallica Guitar Works, Sentra Pembuatan Gitar Pertama di Banten

- Advertisement -

 

BISNISBANTEN.COM – Masih belum banyak yang tahu, bila Banten memiliki sentra pembuatan gitar yang telah berumur lebih dari 20 tahun. Rakhallica Guitar Works, merupakan home industry pembuatan gitar yang berdiri sejak 1997.

Berlokasi di Jalan. Waringin Kurung Km.1 no.20 depan Ruko Tiara Dental, Komplek Nusaraya 2, Serdang, Kabupaten Serang, Rakhallica Guitar Works menerima beragam jenis pembuatan gitar, mulai dari gitar biasa hingga gitar listrik.

Owner Rakhallica Guitar Works, Titoni Bey, atau yang biasa disapa Bang Anton
mengatakan, saat memulai bisnis home industry pembuatan gitar, prospek yang didapat cukup bagus, karena pada waktu itu belum ada di wilayah Banten. “Nah, jadi kita bangun workshop ini, lama-lama perjalan banyak order juga, banyak teman-teman minta tolong, dan berjalan hingga sekarang ini,” ujar Anton saat ditemui bisnisbanten.com beberapa waktu lalu.

Dirinya menuturkan, tantangan yang dihadapi untuk hardware sangat sulit, karena harus pesan impor, baru bisa dapatkan hardware. Sedangkan untuk kayu-kayu yang digunakan, Anton juga harus mengimpor kayu, seperti dari Kanada. “Kalau misalnya yang lainnya, ada di lokasi Indonesia, yaitu Kayu Mahoni dari Kalimantan dan Sumatera,” terang pria kelahiran Serang 9 November 1979 ini.

Gitar-gitar yang diproduksi oleh Rakhallica Guitar Works dibandrol mulai dari Rp800 ribu, sampai belasan juta rupiah. “Sampai Rp15 juta, tergantung spesifikasi hardware dan design. Pokoknya kalau harga relatif ya, karena kita kan lebih banyak special order bukan mes produk,” ucap Anton.

Dalam sebulan, Rakhallica Guitar Works hanya memproduksi 3-4 produk gitar yang spesial. “Tapi di luar itu, bisa ngerjain banyak, kalau modifikasi biasanya kita bisa ngerjain cepet yang kelas low-end, yaitu bisa 4 sampai 6 buah gitar,” lanjut Anton.

Ia pun berharap, agar pemerintah bisa lebih mendukung industri kreatif, karena akan menciptakan lapangan pekerjaan untuk masyarakat setempat, juga dapat mengurangi pengangguran.

“Kita biar jadi tuan rumah di negara sendiri, karena bentar lagi pasar bebas. Saya juga berharap, supaya Rakhallica Guitar Works bisa menjadi besar dan bisa merangkul warga setempat, untuk bisa menjadi rekan kerja sini, dan untuk memajukan ekonomi ,” pungkas Anton. (AHR/NUA)


Penulis : Ahmad Haris
Editor : Nurzahara Amalia

- Advertisement -
Ahmad Haris
Wartawan di bisnisbanten.com
- Advertisement -
- Advertisement -

Stay Connected

1,048FansSuka
854PengikutMengikuti
31PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles

Bank bjb Cetak Laba Rp1,2 Triliun

BISNISBANTEN.COM -- Berdasarkan ekspose dalam Analyst Meeting Triwulan III 2020, Bank bjb secara konsolidasi berhasil memperoleh laba bersih Rp1,2 triliun selama paruh...

Ini Laporan Kinerja BNI Kuartal 3-2020

BISNISBANTEN.COM -- Di Hingga akhir September 2020, total aset BNI tumbuh 12,5% year on year (yoy) terutama dikontribusi oleh pertumbuhan dana pihak ketiga...

Peduli Lingkungan, Bank Panin KCU Serang Tanam 100 Pohon Mangga

BISNISBANTEN.COM -- Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, Bank Panin KCU Serang ikut berpartisipasi dalam sosial penanaman pohon yang berlangsung di Komplek Pesantren...
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

BACA JUGA

Dukungan Ketahanan Pangan, BI Banten Tanam Sereh Wangi di Lebak

BISNISBANTEN.COM -- Komitmen Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi mendukung produk pertanian dan ketahanan pangan terus dilakukan, salah satunya menanam sereh wangi di...

Realisasi Penyaluran Dana PEN Bank bjb Lampaui Target

BISNISBANTEN.COM -- Penyaluran dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang dititipkan Kementerian Keuangan kepada Bank bjb rampung terealisasi. BUMD ini bahkan sanggup melampaui...
- Advertisement -
- Advertisement -