InsightInspirasi

Pentingnya Menjaga Hubungan Baik dengan Customers

BISNISBANTEN.COM — Sebelumnya kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu hubungan pelanggan atau customers relationship. Hubungan pelanggan atau customers service merupakan salah satu cara bagi perusahaan untuk menghadapi pelanggan sehingga dapat memberikan pengalaman terbaik bagi mereka. Hubungan pelanggan tentunya memiliki suatu tujuan, tujuan dari hubungan pelanggan atau customer service yaitu untuk menjalin hubungan yang saling menguntungkan dengan pelanggan.

Pentingnya membangun customer relationship untuk suatu bisnis yang kita punya atau akan kita buat untuk menjalin hubungan emosional yang baik dengan mereka. Ini akan memberikan pengalaman terbaik akan membawa banyak manfaat bagi perusahaan. Bukan hanya itu membangun customer relationship sangatlah penting, berikut beberapa alasan mengapa pengtingnya membangun hubungan pelanggan atau customer relationship :

1) Retensi pelanggan lebih hemat biaya yang dimana suatu perusahaan harus memprioritaskan dan mengidentifikasi pelanggan tetapnya. Ini memiliki potensi yang lebih besar bagi perusahaan untuk menjual dan meningkatkan keuntungan.
2) Tingkatkan jumlah pelanggan setia dalam artian pelanggan tersebut akan terus datang kembali dan memberikan pendapatan bagi perusahaan, bisa menjadi alat pemasaran gratis dengan merekomendasikan bisnis kepada pihak lain.

3) Kurangi tingkat churn pelanggan yang dimana jika kita memberikan layanan yang maksimal itu akan berpengaruh untuk mengurangi churn pelanggan dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Mengetahui baik atau buruk suatu layanan kita terhadap customer tentunya berdasarkan beberapa pengalaman customer itu sendiri. Jika pelayanan kita baik maka pelanggan yang sudah pernah membeli suatu usaha kita akan kembali membelinya lagi atau bahkan membawa teman, keluarganya untuk membeli barang atau produk usaha kita.


Cara apa saja yang bisa di lakukan untuk dapat menjaga hubungan yang baik?
Komunikasi Berkelanjutan yang dimana perusahaan harus memastikan komunikasi rutin dengan pelanggan di platform yang relevan. Memahami Nilai Pelanggan mendengarkan kebutuhan pelanggan, ambil metode untuk memenuhi harapan mereka.


Tunjukkan Bahwa Anda Benar-Benar Peduli kuncinya adalah keikhlasan, karena pelanggan bisa melihat bahwa tujuannya adalah komposisi. Sesuaikan Menurut Citra Merek karyawan harus memahami tentang citra merek yang diberikan saat akan berhadapan dengan pelanggan. Tangani Umpan Balik Negatif Dengan Baik dengan menerima pendapat pelanggan penting untuk memenuhi kebutuhan mereka. Dengan mengakui kesalahan dan menangani keluhannya dengan baik, pelanggan akan merasa sangat berharga. (susi)

Ditulis oleh : Rona Sekar Aribahalmas
Mahasiswa FEB Universitas Jendral Soedirman 2018



Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com