Syariah

NKRI Bisa Jadi Sentra Ekonomi Syariah di Dunia

BISNISBANTEN.COM – President Indonesia – Saudi Arabia Budiness Council Muhammad Hasan Gaido mengatakan, bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) memiliki peluang dan bisa menjadi sentra ekonomi Syariah di dunia. Hal tersebut ia sampaikan saat mengisi acara Seminar Nasional di UIN Banten dengan tema “Peluang dan Tantangan Ekonomi Syariah di Indonesia” pada Rabu (22/11).

Menurut pengusaha sukses asal Kabupaten Lebak, Provinsi Banten ini, dirinya sepakat dengan pendapat Rektor Universitas Negeri Islam (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin Banten bahwa Indonesia memiliki potensi  besar untuk bisa mewujudkan impian Indonesia menjadi pusat ekonomi Syariah dunia.

“Nah bagaimana tantangannya? Setiap ada peluang pasti ada tantangan, dan tantanganya masa iya kita hanya ingin jadi penonton! Sedangkan kita (Indonesia) ini negara dengan populasi terbesar keempat di dunia, kita ini adalah muslim terbesar di dunia. Maka sewajarnya kita tidak lagi terjajah, kita harus move on lah, kita harus bergerak maju, bahu membahu, jangan mau diadu domba, fokuslah bagaimana caranya Indonesia bisa menjadi sentra ekonomi Syariah di dunia,” ujar Hasan saat ditanyai bisnisbanten.com.

Advertisement

Setiap individu, lanjut Hasan, dan masing-masing perguruan tinggi di Indonesia (khususnya perguruan tinggi Islam) harus mengajarkan peluang dan tantangan bisnis syariah di Indonesia.

“Bagaimana aturannya, kita harus ikuti. Bagaimana praktisinya, kita gak boleh banyak mengeluh. Kalau usaha jangan pengen enaknya saja,” ucap pria yang hobi  menulis dan membaca.

Ia berharap pengusaha Indonesia yang baru memulai usahanya, harus punya strategi yaitu dengan inovasi-inovasi. “Jangan kita mau kalah dengan bangsa-bangsa lain, kita harus katakan bahwa peluang bisnis syariah di Indonesia sangat besar, dan sangat memungkinkan Indonesia bisa menjadi pusat ekonomi Syariah di dunia,” jelas pria kelahiran 1 Juli 1971. (AHR/NUA)


Penulis : Ahmad Haris
Editor : Nurzahara Amalia

Advertisement

Advertisement
LANJUT BACA