Kuliner

Mudah dan Praktis, Begini Resep Biji Ketapang Untuk Sajian Lebaran Nanti

BISNISBANTEN.COM – Lebaran Idul Adha sebentar lagi nih. Selain bakal panen daging kurban, tak lengkap rasanya lebaran tak menyajikan kue Lebaran untuk disuguhkan untuk cemilan dan kue kering saat Lebaran nanti.

Ada beragam kue yang dapat menjadi pilihan suguhan Hari Raya Idul Adha nanti. Salah satunya adalah kue tradisional yang tak kalah lezatnya dengan kue modern.

Salah satu kue tradisonal seperti kue kering biji ketapang ini. Kue kering ini merupakan kue khas Betawi yang sudah populer menjadi suguhan rutin untuk camilan Lebaran. Tak hanya warga Betawi, kue ini juga sering disajikan di berbagai daerah loh.

Advertisement

Kue kering biji ketapang ini banyak disukai lantaran memiliki cita rasa yang beragam mulai dari manis, gurih, hingga asin.

Selain rasanya yang enak, kue ini juga relatif mudah dibuat mulai dari bahan-bahan hingga proses memasaknya. Pantas saja kue ini banyak dibuat saat Lebaran.

Bagi Anda yang tertarik membuat kue kering akar kelapa ini simak tips resep biji ketapang. Untuk bahan-bahan yang perlu disiapkan diantarnya ialah 500 gram tepung terigu, 150 gram gula pasir, 1 butir telur ayam, 3 sdm margarin, 100 ml santan kelapa cair dan Minyak goreng secukupnya.

Selanjutnya ialah cara pembuatannya. Pertama, Siapkan wadah lalu masukkan semua bahan kecuali minyak goreng. Aduk sampai merata dan adonan menjadi kalis.

Advertisement

Kemudian, bagi adonan menjadi beberapa bagian lalu diamkan sekitar 10 menit. Ambil sedikit-sedikit adonan dan buat memanjang. Gunting serong atau sesuai selera adonan.

Panaskan minyak lalu goreng adonan biji ketapang menggunakan api sedang hingga kuning kecoklatan, lalu tiriskan. Biji Ketapang siap dinikmati. Cukup mudah bukan? (Ismi)

Advertisement
LANJUT BACA