Olahraga

Meskipun Kalah di Final Liga Champions, Borussia Dortmund Raup Untung Lebih Besar, Kok Bisa?

BISNISBANTEN.COM — Borussia Dortmund mungkin harus merelakan trofi Liga Champions 2023/2024 jatuh ke tangan Real Madrid, namun mereka tetap dapat tersenyum lebar. Pasalnya, kekalahan di partai final justru memberikan keuntungan finansial yang signifikan bagi klub asal Jerman tersebut.

Hal ini tak lepas dari klausul khusus dalam kontrak transfer Jude Bellingham ke Real Madrid pada musim panas lalu. Dalam klausul tersebut, Dortmund berhak menerima bonus sebesar 25 juta euro jika Real Madrid berhasil menjuarai Liga Champions. Jumlah ini bahkan melebihi hadiah uang tunai yang diterima sang juara, yang “hanya” sebesar 20 juta euro.

Dengan demikian, total pendapatan Dortmund dari Liga Champions musim ini, termasuk bonus performa dan hak siar, diperkirakan akan jauh melampaui Real Madrid. Hal ini menjadi bukti bahwa strategi transfer cerdas dapat memberikan dampak finansial yang besar bagi sebuah klub, bahkan ketika mereka tidak meraih gelar juara.

Advertisement

Keuntungan finansial ini tentu menjadi angin segar bagi Dortmund, yang dapat menggunakan dana tersebut untuk memperkuat tim di musim mendatang. Investasi pada pemain muda berbakat seperti Bellingham terbukti tidak hanya meningkatkan performa tim, tetapi juga memberikan keuntungan finansial jangka panjang.

Meskipun harus mengakui keunggulan Real Madrid di final, Borussia Dortmund telah menunjukkan bahwa kesuksesan di Liga Champions tidak hanya diukur dari trofi juara. Keberhasilan finansial ini menjadi bukti bahwa strategi transfer yang cerdas dan performa konsisten sepanjang turnamen juga memiliki nilai yang sangat tinggi. (Rafli)

Advertisement
LANJUT BACA

Rafli Sidik

Saya adalah penulis dengan imajinasi yang lebih liar daripada kucing di tengah malam. Dari kecil, saya sudah terobsesi dengan kata-kata dan sekarang saya menggunakan kecintaan itu untuk menulis kisah-kisah yang menghibur dan menginspirasi.