Sosok

Mengenal Muhammad Hasan Gaido, Pengusaha Sukses Asal Lebak

Pria kelahiran 1 Juli 1971 yang kini menjabat sebagai President Indonesia - Saudi Arabia Budiness Council tersebut merupakan pendiri Gaido Group.

BISNISBANTEN.COM – Tidak banyak orang tahu dengan nama Muhammad Hasan Gaido. Bahkan masyarakat asal Banten pun jarang sekali mengetahuinya. Namun siapa sangka, pria asal Kabupaten Lebak ini adalah salah satu pengusaha sukses dari tanah Banten.

Putra daerah yang menghabiskan masa remajanya hidup di kampung kini tampil menjadi inspirasi untuk berguna bagi agama dan bangsa. Bagaimana tidak?

Pria kelahiran 1 Juli 1971 yang kini menjabat sebagai President Indonesia – Saudi Arabia Budiness Council tersebut merupakan pendiri Gaido Group. Gaido Group merupakan perusahaan holding yang didirikan oleh Muhammad Hasan, pada tanggal 18 Februari 2003.

Advertisement

Nama Gaido diambil dari perusahaan pertamanya PT Gaido Azza Darussalam Indonesia (Gaido Travel & Tours), biro travel yang melayani ticketing, wisata domestik, wisata internasional, voucher hotel, transportasi darat, haji khusus, umrah dan halal travel, yang kini memiliki 26 cabang di seluruh Indonesia.

Kini, setelah 14 tahun perusahaan penyelenggara haji, umrah dan halal travel itu menjelma menjadi sebuah holding yang terbagi dalam kelompok usaha. Di antaranya Gaido Travel sebagai induk dari tiga perusahaan biro perjalanan yakni Gaido Travel (PT Gaido Azza Darussalam Indonesia), Cahaya Travel (PT Cahaya Hajar Aswad Indonesia) dan President Tours (PT President Tour).

“Gaido Group juga hadir sebagai sebuah entitas bisnis bidang multimedia (Gaido Multimedia), membawahi Cangkirware (PT Bisnis Riau Gaido), Majalah Haji & Umrah, berita online www.hajiumrahnews.com, TV mobile www.tvmmi.com (PT Media Majalah Indonesia), dan Gaido Communication (PT Gaido Citra Media),” ujar Hasan saat memberikan seminar Nasional di UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Rabu (22/11).

Di bidang properti (Gaido Property), Gaido Group mengibarkan bendera Gaido Land (PT Bisnis Banten). Unit usaha Gaido Lifestyle hadir dengan brand Banten Resto (PT Banten Restauran dan Catering), kawasan wisata Baduy Outbound, Rawayan Café (PT Bisnis Banten).

Advertisement

Unit usaha industri (Gaido Industry) hadir lewat Gaido Collection (PT Bisnis Bandung), Gaido Energy (PT Gaido Global Energy), Kopi Gunung Karang dan Beras Gunung Karang (PT Bisnis Banten). Gaido juga hadir di bidang retail (Gaido Retail) dengan brand Gaido Mart (PT Bisnis Banten). Unit usaha dibidang perbankan (Gaido Finance) hadir mengusung AF Bank Syariah (PT Artha Fisabilillah). Sementara untuk bidang transportasi (Gaido Transport) hadir dengan nama Sani Mobil (PT Sani Mobil Indonesia).

Hasan juga menjadi pengajar, motivator bisnis di sejumlah kampus perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh Indonesia. Langkah yang dilakukannya tidak lain untuk menjadi bangsa yang bangga atas anak bangsanya. “Anak bangsa yang bisa berdiri di atas kaki sendiri,” pungkas CEO Gaido sekaligus founder Gaido Group yang gemar dengan makanan Pete dan jengkol tersebut. (AHR/NUA)


Penulis : Ahmad Haris

Editor : Nurzahara Amalia

Advertisement
LANJUT BACA