Banten24

LAZ Harfa dengan Caritas Australia dan Australian Aid Merdekakan Desa Waringinjaya Serang

BISNISBANTEN.COM – Lembaga Amil Zakat Harapan Dhuafa (LAZ Harfa) bekerja sama dengan Caritas Australia dan Australian Aid bersama tiga kampung di Desa Waringinjaya  merayakan deklarasi Open Defecation Free (OFF).

Sekira 700 masyarakat desa yang telah mendapatkan edukasi dan intervensi akan pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dari para Field Facilitator LAZ Harfa kini sudah tidak membuang air besar sembarangan lagi.

Salah satu masyarakat yang menerima penghargaan sebagai Pelopor Cubluk Jamara mengungkapkan, ucap syukur atas adanya intervensi dari LAZ Harfa karena seluruh masyarakat di tempat tersebut sudah memiliki jamban.

Advertisement

“Meskipun belum WC permanen, setidaknya kami tidak perlu terbirit-birit ke tengah hutan untuk buang air. Insyaallah akan segera punya WC permanen juga. Kami akan sesegera mungkin untuk terus berusaha menerapkan perilaku hidup bersih,” ujar Jamara, masyarakat dari Kampung Walagar, dalam keterangan tertulis.

Sementara itu, Direktur Utama LAZ Harfa Banten Indah Prihanande menegaskan, merdeka itu ketika masyarakat di Indonesia sudah memiliki jamban. Memiliki jamban merupakan hadiah terindah bagi kemerdekaan. “Serta membangun harga diri masyarakat,” ungkapnya dalam memberikan sambutan. (SYF/NUA)

Penulis : Syfa Fauziah
Editor : Nurzahara Amalia

Advertisement

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com