Bisnis Banten

Lantik Sekda Jadi Ketua Kwarcab Pramuka, Ini Pesan Bupati Serang!

BISNISBANTEN.COM – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah melantik Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang Nanang Supriatna sebagai Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Serang atas Pergantian Antar Waktu Masa Bakti periode 2022-2027 menggantikan Wakil Bupati Serang almarhum Pandji Tirtayasa di Pendopo Bupati, Rabu (22/52024). Tatu pun berpesan agar kepengurusan Pramuka ke depan bisa menjalankan roda organisasi kepramukaan dengan baik.

”Semoga dengan kepengurusan yang sekarang sudah utuh kembali bisa menjalankan roda organisasi dengan kepramukaan dengan baik,” pesan politisi Partai Golkar ini kepada awak media usai pelantikan.

Menurut Tatu, organisasi Pramuka merupakan organisasi penting untuk pembentukan karakter anak didik di Kabupaten Serang yang menjadi tantangan yang kita lihat sekarang ini,” ujarnya.

Advertisement

”Anak-anak mempunyai kepribadian, mempunyai akhlak yang baik, itu yang kita inginkan. Tentunya yang harus kita siapkan selaku orangtua dan juga kami selaku jajaran Pemerintah Kabupaten Serang,” pungkas Bupati dua periode ini.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Serang Nanang Supriatna yang baru dilantik mengaku, tugas yang diembannya sangat berat sesuai Undang-undang Nomor 12 tahun 2010 tentang kepramukaan. Kendati demikian, kata Nanang, sesuai arahan Ibu Bupati Serang harus mampu mengembangkan potensi pramuka yang membawa generasi muda di Kabupaten Serang agar lebih bisa mengembangkan potensinya. Menurut Nanang, masih ada pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan dengan baik di Pramuka, yakni pembangunan Bumi Perkemahan Pramuka di Kecamatan Cinangka yang digagas Wakil Bupati Serang yang juga Ketua Kwartir Gerakan Pramuka Cabang Serang almarhum Pandji Tirtayasa.

“Saat ini kondisinya dalam tahap pembangunan menggunakan dana Kwartir Gerakan Pramuka Cabang Serang, OPD (Organisasi Perangkat Daerah), dan BUMD (Badan Usaha Milik Daerah),” ungkap mantan Asisten Daerah (Asda) I Pemkab Serang ini.

Advertisement

Nanang berharap, Bumi Perkemahan Pramuka ke depan tidak hanya digunakan untuk kegiatan kepramukaan saja, melainkan juga bisa digunakan untuk kegiatan lain. Intinya, dijelaskan Nanang, Bumu Perkemahan dibangun bertujuan untuk pembentukan karakter pemuda dan generasi muda yang lebih baik ke depan.

”Mudah-mudahan tahun ini bisa di pergunakan dengan baik. Kita sudah penataan beberapa juga yang khusus seperti MCK (Mandi Cuci Kakus), tempat ibadah musala sudah ada,” pungkas mantan Camat Waringinkurung ini. (Nizar)

Advertisement
LANJUT BACA

Nizar Solihin

Hobi musik, olahraga, dan traveling. Berjiwa solidaritas, pekerja keras, totalitas dan loyalitas tanpa batas. Motto 'Selalu Optimis'. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2013