Kereta Rail Clinic dan Rail Library Kini Hadir di Stasiun Catang

- Advertisement -

BISNISBANTEN.COM — Kereta Rail Clinic dan Rail Library menyambangi Stasiun Catang, Kecamatan Tunjung Teja, Kabupaten Serang untuk memberikan layanan kesehatan gratis kepada ratusan masyarakat sekitar.

Executive Vice President PT KAI Daop 1 Jakarta Dadan Rudiansyah mengatakan, rangkaian kereta rail clinic generasi ke-4 memiliki pelayanan kesehatan lengkap layaknya rumah sakit. Rail Clicic juga diciptakan untuk menembus daerah yang sulit dilalui kendaraan.

“Berdasarkan keterangan dari kepala Puskesmas di Kecamatan Tunjung Teja ini, memang pelayanan kesehatan bagi masyarakat agak jauh dari fasilitas kesehatan (Puskesmas), kurang lebih 5 kilometer jaraknya,” katanya, Rabu (9/5).

Lanjut Dadan, di dalam rail clinic terdapat pelayanan kesehatan tingkat pertama meliputi pemeriksaan umum, gigi, kehamilan, laboratorium, serta pelayanan kefarmasian. Dan PT KAI menyiagakan 26 personil terdiri dari 4 dokter umum, 1 dokter gigi, 1 dokter mata, 2 tenaga laboratorium dan 17 perawat.

Kendati demikian, ia berharap, dengan hadirnya Rail Clinic dapat meningkatkan taraf kesehatan masyarakat disepanjang jalur kereta api.

“Kereta ini ada empat gerbong untuk pelayanan kesehatan lengkap, dan dua gerbong untuk perpustakaan yang beriksan 328 judul buku-buku manual, dan 128 judul e-book,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu siswa SDN 1 Catang Andini mengaku antusias dengan hadirnya kereta perpustaakan yang baru pertama kali datang ke Stasiun Catang.

“Bagus, bersih perpustakaannya, baru pertama kali baca buku di atas kereta. Pengennya (rail library) sering datang kesini,” kata siswa kelas VI itu. (GAG/NUA).

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Stay Connected

1,049FansSuka
854PengikutMengikuti
31PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles

Long Weekend, Okupansi Hotel Mambruk Anyer 100 Persen

BISNISBANTEN.COM -- Saat long weekend atau libur panjang pekan ini, okupansi atau tingkat hunian Hotel Mambruk Anyer mengalami peningkatan hingga 100 persen....

QRIS Hasil Inovasi Sistem Pembayaran Bank Indonesia Dapat Penghargaan

BISNISBANTEN.COM -- Bank Indonesia (BI) melalui QR Code Indonesian Standard (QRIS) meraih penghargaan dalam kategori inovasi sistem pembayaran tahun 2020 dari Central Banking Publications...

Peringati Sumpah Pemuda, Muamalat Institute Fasilitasi Generasi Muda Jadi SDM Unggulan

BISNISBANTEN.COM -- Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda yang bertepatan pada 28 Oktober 2020, anak perusahaan dari PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk,...
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

BACA JUGA

Triwulan 3-2020, PLN Mampu Raih Penjualan Tenaga Listrik Rp205,1 Triliun

BISNISBANTEN.COM-- Meski di tengah pandemi Covid, PT PLN (Persero) mampu membukukan penjualan tenaga listrik sebesar 181.638 GWh pada triwulan 3 tahun 2020...

XL Smart Aquaculture Bangun Solusi IoT untuk Tingkatkan Kualitas Budidaya Ikan dan Udang

BISNISBANTEN.COM -- PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus mengembangkan solusi berbasis Internet of Thing (IoT). Ini untuk mengakomodir para pelaku usaha...
- Advertisement -
- Advertisement -