Banten24

Kereta Rail Clinic dan Rail Library Kini Hadir di Stasiun Catang

BISNISBANTEN.COM — Kereta Rail Clinic dan Rail Library menyambangi Stasiun Catang, Kecamatan Tunjung Teja, Kabupaten Serang untuk memberikan layanan kesehatan gratis kepada ratusan masyarakat sekitar.

Executive Vice President PT KAI Daop 1 Jakarta Dadan Rudiansyah mengatakan, rangkaian kereta rail clinic generasi ke-4 memiliki pelayanan kesehatan lengkap layaknya rumah sakit. Rail Clicic juga diciptakan untuk menembus daerah yang sulit dilalui kendaraan.

“Berdasarkan keterangan dari kepala Puskesmas di Kecamatan Tunjung Teja ini, memang pelayanan kesehatan bagi masyarakat agak jauh dari fasilitas kesehatan (Puskesmas), kurang lebih 5 kilometer jaraknya,” katanya, Rabu (9/5).

Advertisement

Lanjut Dadan, di dalam rail clinic terdapat pelayanan kesehatan tingkat pertama meliputi pemeriksaan umum, gigi, kehamilan, laboratorium, serta pelayanan kefarmasian. Dan PT KAI menyiagakan 26 personil terdiri dari 4 dokter umum, 1 dokter gigi, 1 dokter mata, 2 tenaga laboratorium dan 17 perawat.

Kendati demikian, ia berharap, dengan hadirnya Rail Clinic dapat meningkatkan taraf kesehatan masyarakat disepanjang jalur kereta api.

“Kereta ini ada empat gerbong untuk pelayanan kesehatan lengkap, dan dua gerbong untuk perpustakaan yang beriksan 328 judul buku-buku manual, dan 128 judul e-book,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu siswa SDN 1 Catang Andini mengaku antusias dengan hadirnya kereta perpustaakan yang baru pertama kali datang ke Stasiun Catang.

Advertisement

“Bagus, bersih perpustakaannya, baru pertama kali baca buku di atas kereta. Pengennya (rail library) sering datang kesini,” kata siswa kelas VI itu. (GAG/NUA).

Advertisement
LANJUT BACA