Banten24

Kejari dan Pemkab Serang Perpanjang Kerja Sama Pendampingan Program Pembangunan

BISNISBANTEN.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang memperpanjang kerja sama dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Serang dalam rangka mengoptimalkan pendapatan daerah dan pengawalan program pembangunan. Kerja sama dilakukan agar program pemerintah daerah terus dilaksanakan sesuai ketentuan.

Penandatangan kerja sama dilakukan langsung oleh Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dan Kepala Kejari Serang Yusfidli Adhyaksana di Pendopo Bupati Serang, Kamis (2/3/2023). Turut menyaksikan proses penandatangan kerja sama, yakni Kepala Seksi (Kasi) Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) Kejari Serang Ahmadi, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri, para Asisten Daerah (Asda) dan Staf Ahli Bupati Serang Inspektur Inspektorat Kabupaten Seranh Rudi Suhartanto, dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Serang.

“Ini yang sekian kalinya perpanjangan kerja sama antara Pemkab Serang dengan Kejari Serang. Dengan pendampingan dari Kejari Serang, kami berharap konsep pencegahan bisa lebih dikedepankan,” harap Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah.

Advertisement

“Fungsi Kejaksaan Serang sebagai lawyer negara tentu bisa mengawal proses pembangunan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi,” imbuh Ketua DPD Golkar Banten ini.

Menurut Tatu, Kejari Serang melalui Seksi Datun sangat membantu Pemkab Serang mengoptimalkan pendapatan daerah, terutama mengurangi piutang pajak. Dalam penagihan pajak misalnya, dicontohkan Tatu, yang menunggak diingatkan Kejari dan cukup membantu pendapatan asli daerah (PAD) Pemkab Serang.

“Termasuk di PDAM (menyebut Perumdam Tirta Albantani Kabupaten Serang-red), yang menunggak dibantu juga. Sebab piutang yang harus masuk untuk PAD Kabupaten Serang ini masih cukup besar, sekitar Rp9 miliar,” ungkapnya.

Advertisement

Atas kondisi itu, Tatu menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan dan sinergi Kejari Serang di tengah keterbatasan sumber daya manusia (SDM) bidang hukum di lingkungan Pemkab Serang.

“Saya yakin, tidak akan ada unsur kesengajaan untuk melakukan kesalahan, tetapi lebih pada keterbatasan pemahaman hukum. Kami berharap, dari mulai perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi terus didampingi,” harapnya.

Sementara itu, Kajari Serang Muhammad Yusfidli Adhyaksana mengungkapkan, kerja sama dengan Pemkab Serang teknisnya mulai dari Bidang Datun sesuai kapasitas Kejaksaan sebagai pengacara negara. Tujuannya untuk melakukan pendampingan, baik berupa pertimbangan hukum, pelayanan hukum, dan hal-hal lain yang ada dalam lingkup tugas dan fungsi jaksa pengacara negara Bidang Datun.

Tujuan kerja juga, lanjut Yusfidli, untuk mencegah ketidaksesuaian antara kerangka hukum dengan pelaksanaan pembangunan yang dilakukan di Kabupaten Serang

“Kejaksaan memang sesuai dengan undang-undang, tugasnya memberikan saran hukum, pertimbangan hukum, dan pendapat hukum yang tujuan akhirnya pada kemajuan masyarakat Kabupaten Serang,” terangnya.

Selain itu, sambung Yusfidli, ketika ada gugatan yang masuk kepada Pemkab Serang, pihaknya diberi surat kuasa untuk mewakili.

“Ibu Bupati dan jajarannya itu punya semacam government lawyer. Jadi, pengacara negara yang bisa mendampingi, baik di dalam maupun di luar pengadilan,” jelasnya.

Yusfidli menilai, pendampingan Kejari Serang selama ini cukup berjalan baik dan perlu ditingkatkan sesuai komitmen Bupati Serang untuk mencegah ketidaksesuaian kerangka hukum dalam pelaksanaan program pembangunan.

“Kami juga berharap bisa lebih diupayakan untuk pembangunan daerah yang berkaitan dengan investasi. Kami dari Kejari Serang siap mendukung melakukan pendampingan dan juga memberikan bimbingan teknis, konsultasi serta saran hukum kaitannya dengan investasi yang jadi prioritas dari Kabupaten Serang,” tegasnya. (Nizar)

Advertisement
LANJUT BACA

Nizar Solihin

Hobi musik, olahraga, dan traveling. Berjiwa solidaritas, pekerja keras, totalitas dan loyalitas tanpa batas. Motto 'Selalu Optimis'. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2013