Banten24

Kawal Investasi, Pj Gubernur Banten Al Muktabar Dampingi Menteri Investasi Tinjau PT Lotte Chemical Indonesia

BISNISBANTEN.COM — Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mendampingi Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia Bahlil Lahadalia kunjungan ke PT Lotte Chemical Indonesia Jl. Raya Merak Km 116, Rawa Arum, Kota Cilegon, Minggu (12/3/2023). Memastikan investasi masuk di Provinsi Banten tidak mengalami hambatan.

“Terima kasih atas investasi ini,” ungkap Al Muktabar

Ditegaskan Al Muktabar, pihaknya bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Banten akan mendukung apa saja yang dibutuhkan dalam investasi PT Lotte Chemical Indonesia pada LINE (Lotte Indonesia New Ethylene) Project sesuai dengan kewenangan yang dimiliki.

Advertisement

“Bila ada hal-hal yang diperlukan lebih lanjut, bisa dikomunikasikan ke Pemerintah Kota Cilegon dan Pemeriintah Provinsi Banten,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Menteri Investasi/Kepala BKPM RI Bahlil Lahadalia mengapresiasi Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar yang telah pro aktif. Pihaknya juga mengapresiasi atas perkembangan konstruksi PT Lotte Chemical Indonesia pada Indonesia New Ethylene Project yang telah mencapai 38%. Investasi pada LINE Project mencapai Rp 60 triliun lebih.

“Karena Investasi PT LCI  ini merupakan fokus Bapak Presiden dan sejak 2016 sempat mangkrak sampai 2019, 4 hampir 5 tahun mangkrak,” ungkapnya.

Advertisement

“Kita bermaksud menyelesaikan dalam rangka percepatan. Untuk itu investasi jangan diganggu,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu dibahas beberapa kendala yang dihadapi dalam rangka mencari solusi. Termasuk pula dalam menjalin hubungan dengan masyarakat sekitar serta serapan terhadap tenaga kerja dari masyarakat lokal.

Bahlil juga berharap PT Lotte Chemical Indonesia (PT LCI) dalam proses konstruksi maupun dalam proses produksi nantinya untuk menyerap tenaga kerja dari masyarakat lokal.

“Warga masyarakat lokal yang memenuhi syarat karena menggunakan teknologi tinggi,” tegasnya.

Dikatakan, LINE Project nantinya menghasilkan etyline (EL),  propylene (PL),  Polipropilena (PP),  asam monokloroasetat (MCA), dan propylene glycol  (PG). Sebanyak 50% hasil produksi untuk memenuhi industri dalam negeri atau subsitusi impor, sedangkan yang 50% untuk diekspor.

Sementara Presiden Direktur PT Lotte Chemical Indonesia Yim Dong Hee Presdir mengucapkan terima kasih atas kunjungan Menteri Bahlil Lahadalia, Pj Gubernur Banten Al Muktabar bersama Forkopimda Provinsi Banten serta Walikota Cilegon Helldy Agustian untuk melihat perkembangan konstruksi pengembangan produksi PT Lotte Chemical Indonesia.

Seperti dijelaskan Direktur PT Lotte Indonesia Chemical Calvin Wiryapranata proses konstruksi saat ini dilakukan pada pembangunan dermaga yang panjangnya sekitar 1 km, pembangunan tanki LPG, tanki bahan baku naftan, pabrik craker, gudang, gedung kantor, fasilitas IPAL air, serta fasilitas produksi lainnya

Dipaparkan, mulai dari pembelian tanah hingga saat ini, total investasi yang masuk sudah mencapai Rp 24 triliun. Dalam proses konstruksi, tenaga kerja yang terserap mencapai 7.800 orang. Dengan jumlah tenaga kerja lokal mencapai 95% atau 6,706 orang.

Masih menurut Calvin, penyelesaian mekanis ditargetkan selesai pada semester I 2025 untuk selanjutnya pada semester II 2025 sudah mulai operasi komersial.

Turut hadir Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Banten Didik Farkhan Alisyahdi, Direktur Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri Brigjen Pipit Rismanto dari Tim Satgas Kawal Investasi, Kepala Dinas DPMPTSP Provinsi Banten Virgojanti, serta tamu undangan lainnya. (susi)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com