Banten24

INI Gelar Seminar Nasional Jaga Eksistensi Notaris di Era Digitalisasi

BISNISBANTEN.COM – Dalam rangka mempertahankan eksistensi profesi notaris, Pengurus Pusat Ikatan Notaris Indonesia (INI) dan Pengurus INI Wilayah Banten menggelar Seminar Nasional Ikatan Notaris Indonesia di The Royale Krakatau Cilegon, Kamis (9/3/2023).

Acara dibuka Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar didampingi Walikota Cilegon Helldy Agustian. Turut hadir Ketua Umum PP INI Yualita Widyadhari dan Ketua INI Wilayah Provinsi Banten Rustianah. Seminar juga dirangkaikan dengan acara Pameran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Ketua Umum PP INI Yualita Widyadhari mengatakan, digelarnya Seminar Nasional bertujuan untuk menjaga eksistensi profesi Notaris pada era digitalisasi saat ini.

Advertisement

“Kami ingin eksistensi Notaris tetap dipertahankan di era digitalisasi saat ini,” ujar Yualita.

Sementara itu, Pj Gubernur Banten Al Muktabar menilai, Seminar Nasional INI diharapkan mampu berkontribusi dalam mempercepat pemulihan perekonomian dan meningkatkan kegiatan kemasyarakatan pasca pandemi Covid, sehingga berdampak positif terhadap pembangunan di Banten.

Menurut Al Muktabar, Seminar juga berperan meningkatkan wawasan Notaris dalam penanganan tugasnya. Terutama penanganan tugas – tugas kenotarisan.

Advertisement

“Saya berharap pelaksanaan tugas kenotarisan semakin sukses dan berkembang, serta dapat meningkatkan silaturahmi para notaris untuk mendapatkan keberhasilan di masa yang akan datang,” harapnya.

Terkait itu, Walikota Cilegon Helldy Agustian mengapresiasi terselenggaranya Seminar Nasional INI yang dinilai mampu meningkatkan pemahaman dan wawasan kompetensi soal kenotariatan.

Menurut Helldy, penting bagi seorang Notaris mengikuti perkembangan yang ada, peningkatan wawasan, kompetensi, dan meningkatkan persamaan persepsi akan pelaksanaan tugas Notaris sehingga bisa berjalan dengan baik. Helldy, diselenggarakannya seminar mampu meningkatkan wawasan dan kompetensi Notaris dalam melaksanakan tugasnya.

“Saya berharap adanya peningkatan wawasan Notaris juga mampu mengembangkan ekonomi kreatif. Mari kita berkolaborasi membangun Kota Cilegon untuk Indonesia,” ajaknya. (dik/zai)

Advertisement
LANJUT BACA

Muhammad Siddik

Wartawan bisnisbanten.com