InvestasiSaham

Ingin Investasi Saham di Luar Negeri? Aplikasi Ini Bisa Jadi Pilihan

BISNISBANTEN.COM — Salah satu jenis investasi yang selalu ramai peminatnya adalah investasi saham. Meski tergolong investasi high risk high return, namun pesona produk investasi yang satu ini tidak pernah pudar. Pasalnya jika dilakukan dengan benar berdasarkan analisis fundamental dan teknikal yang rinci, maka akan mendapatkan profit tinggi bukan hal yang mustahil.

Selain investasi saham ke berbagai perusahaan lokal, tahukah jika kamu juga bisa memilih investasi saham global atau lebih tepatnya membeli saham yang masuk dalam indeks S&P 500 di Amerika Serikat.

Pengertian Indeks S&P 500

Sebagaimana namanya, Standard & Poor’s 500 atau yang sering disingkat S&P 500 merupakan indeks nilai saham dari 500 perusahaan besar di Amerika Serikat. Indeks ini merupakan indeks paling populer dan berpengaruh di dunia.

Advertisement

Perusahaan yang terdaftar dalam indeks ini bukan perusahaan sembarangan, karena syarat untuk bisa masuk dalam list ini juga tidak main-main. Perusahaan tersebut harus memiliki kapitalisasi pasar setidaknya senilai $3,7 miliar, berbasis di Amerika Serikat, melaporkan laporan keuangan dan keuntungan secara rutin serta memiliki saham yang diperjualbelikan untuk publik.

Beberapa perusahaan besar yang namanya sudah tidak asing lagi yang masuk dalam daftar indeks ini adalah Google, Facebook, Amazon, Microsoft, dan masih banyak lainnya. Semua perusahaan ini memiliki saham yang diperdagangkan secara umum sehingga semua orang bisa ikut berinvestasi, tidak mesti harus berkebangsaan Amerika saja.

Cara Beli Saham S&P 500 dengan Mudah

Pernah berpikir ingin ikut mendulang dolar dari keuntungan berinvestasi di perusahaan raksasa dunia? Jika iya, ini waktu yang tepat bagimu untuk memulainya.

Investasi S&P 500 termasuk salah satu jenis investasi yang cukup aman karena perusahaan yang terdaftar di dalamnya adalah perusahaan besar dengan kapitalisasi yang juga besar sehingga kamu tidak perlu bereksperimen dengan investasi ke perusahaan kecil yang belum tentu bisa menghasilkan profit. Namun perusahaan besar dunia tersebut lebih terjamin soal imbal balik profit yang menggiurkan.

Advertisement

Indeks S&P 500 mewakili 500 saham terbesar di pasar saham AS. S&P 500 secara luas dianggap sebagai pengukur terbaik dari saham berkapitalisasi besar AS dan berfungsi sebagai dasar untuk berbagai produk investasi. Jika ditelisik, indeks S&P 500 ini mencakup 500 perusahaan terkemuka atau 80% kapitalisasi pasar yang ada di AS. Ketika dikonversi ke rupiah, imbal dari S&P 500 dapat mencapai 2869.4% dalam lima tahun. Di sisi lain, IHSG yang mewakili semua perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia malah hanya menghasilkan imbal sekitar 351.72%.

Lalu bagaimana cara membeli saham indeks S&P 500? Salah satunya kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi Gotrade. Platform investasi yang satu ini menghadirkan kemudahan beli saham Amerika semudah beli saham perusahaan dalam negeri.

Gotrade adalah nama dagang TR8 Securities Inc., sebuah perusahaan yang memiliki lisensi untuk menjalankan bisnis oleh lembaga pengatur dan pengawas dari pemerintah Malaysia, layaknya OJK di Indonesia.

Sebagai penyedia jasa transaksi jual beli instrumen investasi di Amerika Serikat, Gotrade bekerja sama dengan Alpaca Securites, LLC, sebuah perusahaan application programming interface (API) untuk perdagangan saham yang berbasis di Amerika Serikat.

Gotrade sendiri didirikan oleh Norman Wanto, anak Indonesia yang kini berdomisili di Singapura bersama dengan investor Rohit Mulani. Aplikasi ini memudahkan kita membeli saham yang listing di bursa NYSE (The New York Stock Exchange) yang memang ditujukan untuk investor retail dengan skema fractional.

The Gotrade team / Photo credit: Gotrade

Fractional disini diartikan pembelian saham bisa dilakukan tidak dalam kondisi 1 lembar saham utuh. Jadi kamu bisa membeli saham Netflix misalnya, hanya dengan US$1 atau Rp14 ribuan saja.

Ragam Keuntungan Investasi Saham Global

Masih perlu alasan yang lebih meyakinkan untuk mencoba produk investasi yang satu ini? Berikut ada berbagai keuntungan investasi saham global seperti indeks S&P 500 yang perlu kamu ketahui.

  • Meningkatkan risiko volatilitas portofolio investasimu.
  • Diversifikasi portofolio dengan investasi ke pasar yang tumbuh dengan cepat dan menguntungkan
  • Bisa menjadi ‘pemilik’ perusahaan dunia meski hanya membeli dengan skema fractional. Pasalnya tidak seperti beli saham di Indonesia yang harus minimal 1 lot atau 100 lembar saham. Namun di bursa saham Amerika, saham bisa dibeli per lembar bahkan fraksi. Sehingga meski dengan dana yang pas-pasan namun kamu tetap bisa investasi ke saham kelas dunia.
  • Saham gorengan hampir tidak ditemui dalam bursa saham Amerika karena untuk melakukan hal tersebut dibutuhkan dana yang luar biasa besar untuk bisa memanipulasi harga saham di Wall Street. Selain itu ada regulasi ketat di Wall Street yang membuat praktek-praktek curang seperti itu hampir tidak ada. Mungkin ada saham gorengan, namun tidak untuk perusahaan sekelas Google, Microsoft dan teman-temannya karena tanpa digoreng puun semua orang tertarik memiliki saham di perusahaan tersebut.

Nah, dengan keuntungan yang ditawarkan di atas, investasi di saham luar negeri terlihat menarik bukan? Kamu bisa memilih produk yang satu ini sebagai diversifikasi portofoliomu. Namun pastikan dilakukan dengan perhitungan cermat dan sesuai dengan profil risikomu. Bukan karena ikut-ikutan karena diversifikasi portofolio investasi tanpa perhitungan cermat berpotensi datangkan kerugian, bukan keuntungan.

Jangan lupa download dan install aplikasi Gotrade dan mulai berinvestasi di indeks saham perusahaan di Amerika yang jadi idamanmu.

Advertisement
LANJUT BACA

Setiawan Chogah

CEO dezainin.com dan founder dezain.institute. Seorang microblogger yang kerap mengulas topik pengembangan diri dan tips keuangan di Instagram @setiawanchogah.