Banten24Lifestyle

Hari Batik Nasional, Momentum Tepat Generasi Bangsa Cintai Batik

BISNISBANTEN.COM – Setiap 2 Oktober, merupakan momentum bagi warga untuk menunjukkan kecintaannya kepada warisan budaya negeri ini. Pasalnya, pada tanggal ini merupakan Hari Batik Nasional. Momentum ini diyakini amat bagus bagi generasi muda Indonesia untuk mencintai batik, yang merupakan warisan nusantara yang telah mendunia.

Itulah yang diungkapkan Tubagus Asep Pramudya, pengusaha muda di Banten yang memiliki outlet Balada Batik Banten. Asep mengatakan, momentum Hari Batik Nasional dapat meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap peninggalan kekayaan dan warisan bangsa, yaitu batik.

“Dengan diperingati Hari Batik Nasional ini, maka secara tidak langsung masyarakat diharuskan memakai batik pada hari ini, dengan demikian muncul kebanggaan bahwa agar diakui UNESCO, tidaklah mudah apalagi batik sempat di klaim sama negara tetangga,” ujarnya kepada bisnisbanten.com.

Advertisement

Di era digital saat ini, tutur Asep, ketika seseorang memakai batik tentu akan dipublikasikan di media sosial, dengan begitu batik Indonesia semakin dikenal di kancah dunia, karena media sosial ruang tak terbatas.

Ia melanjutkan, setelah bangga menggunakan (batik) tentu ada rasa melestarikan dan mempromosikan batik, baik di Indonesia maupun ke pencinta batik di seluruh dunia.

“Harapannya tentu saja masyarakat Indonesia apalagi generasi muda semakin kenal dengan kebudayaan nya sendiri termasuk batik, timbul dari diri untuk mempertahankan dan memelihara kearifan lokal tersebut, serta menjadikan batik mempunyai nilai jual yang membantu perekonomian Indonesia,” pungkas pemuda asli Pandeglang tersebut. (AHR/NUA)

Penulis : Ahmad Haris
Editor : Nurzahara Amalia

Advertisement

Advertisement
LANJUT BACA