Banten24

DD Banten Latih Puluhan Calon Konselor untuk Tangani Korban Bencana

 

BISNISBANTEN.COM — Dompet Dhuafa Banten menggelar kelas bertajuk Psychological First Aid (Pertolongan Pertama Psikologis untuk Penyintas Bencana) di aula RS Mata Achmad Wardi BWI-Dompet Dhuafa, Kota Serang, Selasa (18/9). Kegiatan ini menghadirkan psikolog sekaligus dosen, Prapti Leguminosa, S.Psi., M.Psi. sebagai pemateri. Sementara peserta  dari  anggota program Rumah Konseling ‘Aku Temanmu’, anggota Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) Banten, dan mahasiswa dari berbagai universitas.

Egum, sapaan akrab pemateri mengatakan, setiap orang mampu melakukan Psychological First Aid (PFA) pada orang yang membutuhkan pertolongan psikologi. Egum mencontohkan penanganan pada korban bencana alam di Lombok. “Ada empat kemampuan yang mesti dilakukan oleh seorang konselor yaitu mendengarkan aktif, empati, kemampuan memulai komunikasi, dan menyimak serta memperhatikan,” ujar Egum.

Advertisement

Egum melanjutkan, selain empat hal di atas, seorang konselor mesti membekali diri dengan 3L, yaitu look, listen, dan link, dan relawan yang melakukan penanganan psikologi mesti membebaskan diri dari masalah pribadi. “Dan tidak terbawa emosi dalam mendengarkan cerita dari penyitas,” katanya.

Sementara itu, Manager Program Dompet Dhuafa Banten Fita Berliana Akbar mengatakan, kegiatan ini sengaja dihadirkan Rumah Konseling ‘Aku Temanmu’ untuk memfasilitasi para remaja dalam berbagi cerita. “Ini adalah salah satu program Dompet Dhuafa di bidang Pendidikan dan Dakwah. Tentu kegiatan ini akan kami lakukan kembali pada kelas-kelas berikutnya,” tutur wanita yang akrab disapa Elin ini.

Dirinya berharap, semoga program ini dapat menginspirasi sehingga diduplikasi di tempat lain. “Dan selanjutnya semoga acara ini dapat menampung lebih banyak peserta,” pungkas Elin. (AHR/NUA)

 

Advertisement

 

 

 

 

 

Penulis : Ahmad Haris

Editor : Nurzahara Amalia

 

 

 

 

 

 

Advertisement
LANJUT BACA