Kuliner

Cara Praktis Pesan Makanan ala Cloud Kitchen, Satu Tempat Beragam Brand

BISNISBANTEN.COM – Tidak bisa dipungkiri, perkembangan teknologi yang serba canggih menghadirkan sistem berbasiskan cloud untuk berbagai bidang. Mulai dari cloud computing, cloud storage, cloud hosting, dan banyak lagi.

Nah, sistem berbasis cloud ini merambah ke bidang food and beverage (F&B) atau kuliner. Di mana sistem tersebut dinamakan dengan cloud kitchen atau dikenal juga ghost kitchen. Sistem ini diciptakan untuk bisnis F&B di mana dapur bisnis F&B yang dijalani tidak mesti dibangun bentuk fisiknya, tapi disewakan kepada para pelaku bisnis.

Pengelola atau pemilik cloud kitchen bisa membangun dapur besar yang terbagi beberapa bilik yang disewakan kepada para pelaku bisnis F&B. Saat pemilik bisnis F&B menyewa bilik di cloud kitchen, setiap pesanan makanan yang masuk secara online akan langsung diteruskan ke pihak dapur dan setelah selesai akan langsung diantarkan dengan jasa kurir pengantaran makanan. Begitu cara kerjanya.

Advertisement

Nah sekarang ada The Favefood Kitchen, cloud kitchen yang menyediakan berbagai menu dengan kuliner yang lezat. Kitchen yang di dalamnya terdiri dari berbagai macam brand. Bagi yang tidak mau ribet order di berbagai macam tempat, cukup memesan di sini. Pilihannya banyak dan yang pasti menghemat ongkir. Sistem order menggunakan scan QR pun lebih inovatif.

Memesan aneka makanan di satu tempat ini merupakan ide brilian. Dan lebih praktis, terutama jika order ramai-ramai dengan selera berbeda-beda.

The Favefood Chicken ini berada di Gading Serpong, Tangerang. Buka pukul 10.00-21.00 WIB.

Advertisement

Ada nasi gila bucin, fried teobokki mix yangnyeom, corndog, es kopi matcha latte kopi memori, kopi gula aren, es kopi hazelnut, dan banyak lagi. Bisa dipesan melalui Grabfood, Gofood, Shopeefood, dan Travelokakist.

Asal tahu nih, sistem cloud kitchen ini hanya berfokus pada pesanan makanan online dan tidak melayani pesanan dine-in ya. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa bisnis F&B dengan sistem cloud kitchen memiliki pengantaran produk lebih cepat dibandingkan restoran biasa.

Contoh cloud kitchen di Indonesia antara lain ada Yummykitchen, Grabkitchen, dan Dapur Bersama Gofood.

Yummykitchen merupakan salah satu cloud kitchen paling besar di Indonesia. Cabangnya sudah ada di Jabodetabek. Saat ini, Yummykitchen sedang berusaha mengepakkan sayapnya ke berbagai wilayah lain seperti Surabaya dan Medan.Fasilitas yang diberikan cukup lengkap, meliputi operasional, property, peralatan dapur, karyawan, dan listing management.

Sementara ‍GrabKitchen merupakan layanan dapur bersama milik Grab, penyedia ojek online besar di Indonesia. Umumnya, para business owner di GrabKitchen merupakan mitra GrabFood.

Untuk Dapur Bersama Gofood, sebagian besar penyewa di DBG ini merupakan mitra Gofood berintegritas tinggi. Wah jadi tahu ya cloud kitchen seperti apa. (Hilal)

Advertisement
LANJUT BACA

Hilal Ahmad

Pembaca buku-buku Tereliye yang doyan traveling, pemerhati dunia remaja yang jadi penanggung jawab Zetizen Banten. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2006.