UMKM

Cantiknya Olahan Rotan Sintetis Ini

BISNISBANTEN.COM — Buat kamu yang senang membeli perabotan rumah dan senang dengan warna-warna yang cantik. Yuk, kepoin salah satu tempat di Kota Serang yang merupakan salah satu surganya para pecinta rotan sintetis.

Di sepanjang jalan Kaliwadas Kota Serang, tedapat salah satu toko yang banyak menjual olahan rotan sintetis dengan berbagai warna yang menarik.

Bahan pengganti rotan yang banyak diolah untuk macam-macam perabot rumah tangga umunya furniture dan hiasan ini. Saat ini lebih dilirik oleh para perajin rotan karena rotan sintetis merupakan material yang kini sedang kembali menjadi trend di Indonesia. Selain karena bobotnya lebih ringan dan mudah perawatan nya, rotan sintetis juga dapat lebih tahan terhadap pengaruh cuaca dibandingkan rotan aslinya.

Advertisement

Salah satunya Yuni perajin rotan di Kota Serang yang mengaku, omzetnya lebih menggiurkan dibandingkan dengan saat ia menjual olahan rotan kayu. “Untuk peminatnya jauh lebih tinggi rotan sintetis, selain lebih ringan rotan sintetis juga lebih kekinian. Makanya omzet juga berpengaruh drastis bisa 50-70 persen kenaikannya,” katanya. Minggu (29/10).

Yuni menambahkan, bahan baku rotan sintetis yang didapatkan langsung dari Cirebon tersebut dibeli dengan cara perkuantiti atau per 100 kg. Yang dapat menghasilkan puluhan furniture dan hiasan yang berbeda-beda.

“100 kg nya bisa dapat hasil kursi, ayunan, tudung saji, lampion, dan hiasan-hiasan lainnya seperti sepeda tempat tisu dan keranjang,”tambahnya.

Meskipun harga yang ditawarkan oleh furniture dan hiasan yang terbuat dari rotan sintetis cukup dibilang lebih mahal dibanding rotan biasa, namun rotan sintetis memiliki nilai estetika yang lebih menarik.

Advertisement

“Harganya mulai dari Rp 60ribu untuk tudung saji, Rp 85ribu untuk hiasan sepeda, Rp 150ribu untuk lampion dan Rp1-2,5 juta untuk kursi dan ayunan,” tutupnya. (gag/red)

Advertisement
LANJUT BACA