Kuliner

Bikin Nagih, Ini Dia Resep Ceker Mercon Pedas Nan Juicy

BISNISBANTEN.COM – Ceker ayam kini menjadi olahan favorit bagi pecinta seblak. Pasalnya, kini ceker dijadikan sebagai menu seblak ceker atau ceker mercon yang memiliki rasa pedas nan manis.

Meskipun ceker berasal dari bagian paling bawah ayam. Rupanya, ceker juga memiliki kandungan kolagen yang tinggi yang bagus untuk kesehatan kulit. Tak heran banyak masyarakat menyukai bagian ceker.

Ceker ayam tersebut direbus hingga empuk kemudian diberi bumbu sehingga mempunyai rasa gurih pedas yang nikmat. Hidangan ini menjadi salah satu favorit pecinta makanan pedas.

Advertisement

Makanan ini diberi nama ceker mercon karena memakai banyak cabe sehingga rasa pedas yang dihasilkan sangat luar biasa. Biasanya, ceker mercon bisa disantap langsung maupun sebagai lauk nasi putih.

Bagi yang ingin mencoba ceker mercon namun takut dengan rasa pedasnya, Anda dapat mencoba membuat sendiri di rumah dengan menyesuaikan jumlah cabe yang sesuai dengan tingkat toleransi kepedasan Anda.

Resep ceker mercon ini cukup mudah dan bahan-bahannya juga mudah dicari. Kunci dari pembuatan ceker mercon terletak pada cekernya yang empuk. Nah, berikut resepnya.

Pertama siapkan bahan terlebih dahulu 500 gram ceker ayam, 5 siung bawang putih, haluskan, 3 cm jahe lalu haluskan, 3 batang serai jangan lupa memarkan, 5 lembar daun jeruk, 2 sendok makan saus cabai, sendok teh garam, 1 sendok teh gula pasir, 1 sendok makan kecap manis, 500 ml air dan minyak untuk menggorengnya.

Advertisement

Selanjutnya, cara pembuatannya juga cukup mudah. Pertama, rebus ceker ayam hingga matang. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan. Panaskan minyak, tumis bawang putih, jahe, serai, dan daun jeruk hingga harum.

Jika sudah harum baunya, masukkan ceker ayam, aduk hingga rata. Jangan lupa tambahkan saus cabai, garam, gula pasir, dan kecap manis. Aduk rata.

Selanjutnya, tuang air masak hingga air menyusut dan bumbu meresap. Angkat ceker ayam dan tiriskan. Panaskan minyak, goreng ceker ayam hingga kecokelatan dan kering. Ceker mercon siap disajikan. Mudah bukan? Selamat mencoba (Ismi)

Advertisement
LANJUT BACA