Ekonomi

Asik!! Uang Muka Rumah dan Kendaraan Nol Persen Hingga Akhir Tahun

BISNISBANTEN.COM — Bank Indonesia memutuskan untuk melonggarkan ketentuan Uang Muka Kredit Kendaraan Bermotor dan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) bisa mencapai nol persen. Ini berdasarkan hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 17-18 Februari 2021 yang disampaikan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo saat lewat channel Youtube pada Kamis (18/2).

Ketentuan uang muka kendaraan menjadi paling sedikit 0% untuk semua jenis kendaraaan bermotor baru. Ini untuk mendorong pertumbuhan kredit di sektor otomotif dengan tetap memerhatikan prinsip kehati-hatian dan manajemen risiko. “Ini berlaku efektif 1 Maret 2021 sampai dengan 31 Desember 2021,” katanya.

Selain uang muka kendaraan, BI juga melonggarkan rasio Kredit atau Pembiayaan Properti menjadi paling tinggi 100% untuk semua jenis properti (rumah tapak, rumah susun, serta ruko/rukan), bagi bank yang memenuhi kriteria NPL/NPF tertentu, dan menghapus ketentuan pencairan bertahap properti inden. “Ini untuk mendorong pertumbuhan kredit di sektor properti dengan tetap memerhatikan prinsip kehati-hatian dan manajemen risiko, berlaku efektif 1 Maret 2021 sampai dengan 31 Desember 2021. (susi)

Advertisement

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com