Regulasi

Akibat Kenaikan Harga, Inflasi November Naik 0,20 Persen

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten merilis angka inflasi akhir tahun di Provinsi Banten yang mengalami peningkatan.

BISNISBANTEN.COM — Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten merilis angka inflasi akhir tahun di Provinsi Banten yang mengalami peningkatan.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Banten Agoes Soebeno mengatakan, pada November 2017 terjadi inflasi sebesar 0,20 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 130,35.

“Tingkat inflasi tahun kalender (Januari–November) 2017 sebesar 2,87 persen dan tingkat inflasi tahun ke tahun (November 2017 terhadap November 2016) sebesar 3,30 persen,” katanya, Kamis (7/12).

Advertisement

Menurutnya, inflasi terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya seluruh indeks kelompok pengeluaran, diantaranya kelompok bahan makanan sebesar 0,37 persen, kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau sebesar 0,22 persen, kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar sebesar 0,13 persen; kelompok sandang sebesar 0,12 persen, kelompok kesehatan sebesar 0,27 persen, kelompok pendidikan, rekreasi, dan olah raga sebesar 0,10 persen, dan kelompok transpor, komunikasi, dan jasa keuangan 0,09 persen.

“Ini juga dampak dari peringatan maulid Nabi Muhammad di akhir November lalu, Kita harap untuk Desember harga tetap terkendali sehingga inflasi tahunan sesuai dengan target yang ditetapkan,” ungkapnya. (GAG/NUA)


Penulis : Wirda Garizahaque
Editor : Nurzahara Amalia

Advertisement

Advertisement
LANJUT BACA