Asuransi

Yakin dengan Manfaat, Sani Sriharyati dan Keluarga Mantap Menjadi Peserta BPJS

BISNISBANTEN COM — Sani Sriharyati 32 tahun, warga kampung Kayu Areng, Desa Parigi, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang, baru saja selesai mengurus dokumen putranya untuk menjadi peserta BPJS di Kantor BPJS kesehatan Kabupaten Serang, di Desa Pelawad, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang, Jumat (14/6/2024).

Ditemui usai keperluannya tersebut, Sani menceritakan pengalamannya selama 10 tahun sebagai peserta BPJS Kesehatan dalam mengklaim manfaat kesehatan yang disediakan oleh JKN tersebut.

Kata Sani, pernah pada suatu pagi, dirinya bangun dengan rasa sakit yang luar biasa di bagian perutnya. Awalnya, ia mengira itu hanya sakit perut biasa dan mencoba berobat di klinik terdekat. Namun, hingga siang hari rasa sakit itu tidak kunjung mereda.

Advertisement

Mengingat Ia terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, keluarganya segera mengurus dirinya agar bisa mendapatkan surat rujukan dari klinik ke rumah sakit.

Proses administrasi berjalan cukup cepat karena semua persyaratan dan dokumen sudah lengkap. Sani kemudian dibawa ke rumah sakit dan diagnosa ada masalah dilambungnya.

Sebagai peserta BPJS Kesehatan Kelas tiga, menurut Sani, ia mengaku selalu mendapatkan pelayanan yang baik oleh petugas di klinik maupun saat berobat di RSUD Dr. Drajat Prawiranegara, beralamat, Jalan Rumah Sakit Umum No.1, Kotabaru, Kecamatan, Serang, Kota Serang.

“Alhamdulillah berkat menjadi peserta BPJS kesehatan, kita tidak lagi khawatir tentang masalah biaya,” katanya.

Advertisement

Paska sakit yang dialaminya, Sani mengaku menjadi pribadi yang sadar akan pentingnya memiliki jaminan kesehatan. Ia teringat bahwa dua orang putranya yang belum terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, dengan membawa semua dokumen yang diperlukan, termasuk Kartu Keluarga, KTP, dan akta kelahiran anak-anaknya, Ia mendaftarkan keduanya di Kantor BPJS cabang Serang.

Sani merasa dengan cara ini kekhawatirannya dengan kemungkinan masalah kesehatan menjadi reda.

“Biar tenang kalau terjadi sesuatu, karena sakit tidak bisa kita prediksi kapan datangnya, makanya saya daftarkan dua orang putra saya menjadi peserta BPJS kesehatan,” ungkapnya.

Sani merasa beruntung menjadi peserta BPJS kesehatan dan menyadari betapa pentingnya BPJS Kesehatan dalam memberikan rasa aman dan perlindungan bagi keluarganya.

Ia berharap agar program ini terus ada dan bahkan ditingkatkan, sehingga semakin banyak orang bisa merasakan manfaatnya.
Bagi Sani, BPJS Kesehatan bukan hanya tentang biaya, tetapi tentang rasa tenang dan aman karena tahu bahwa kesehatan keluarganya terjamin.

Untuk menjadi peserta JKN, kini caranya sangat mudah karena layanan Whatsapp Pandawa BPJS Kesehatan di nomor 08118165165 sudah terdapat tiga jenis layanan yang dapat diakses masyarakat, yaitu layanan administrasi, layanan informasi dan layanan pengaduan. Pada layanan administrasi, peserta JKN dapat melakukan pendaftaran baru, penambahan anggota keluarga, pengaktifan kembali status kepesertaan, perubahan/perbaikan data, perubahan fasilitas kesehatan (faskes) bagi segmen TNI/POLRI, pengurangan anggota keluarga, perubahan kelas rawat dan pengaktifan kembali nomor pembayaran iuran JKN yang telah melewati masa pembayaran. (*)

Advertisement
LANJUT BACA