Bisnis Banten

Wapres Ma’ruf Amin Resmikan Retina dan Glaukoma Center di Serang


BISNISBANTEN.COM — Dompet Dhuafa bekerja sama dengan Badan Wakaf Indonesia (BWI) mendirikan Rumah Sakit Khusus Mata di Kota Serang, Banten. Peresmian rumah sakit khusus mata yang berbasis Wakaf ini dengan tujuan agar meningkatkan taraf kesehatan masyarakat di Kota Serang dan sekitarnya, Rabu (21/10).

Rumah Sakit Mata Achmad Wardi merupakan rumah sakit pertama yang dibangun dan dikembangkan berbasis wakaf. Rumah Sakit khusus mata ini dibangun pada 2017 oleh Badan Wakaf Indonesia bekerja sama dengan Yayasan Dompet Dhuafa Republika. Lalu pada tahun 2020 Badan Wakaf Indonesia melakukan penghimpunan dana wakaf dengan nilai donasi yang terhimpun adalah Rp50 miliar lebiu. Dana tersebut dibelikan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) sebagai Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS) dengan diskonto dan Imbal hasilnya digunakan untuk membiayai Pembangunan Retina Center Rumah Sakit Mata Achmad Wardi.

Untuk memperluas pembangunan Retina Center, Rumah Sakit Mata Achmad Wardi mendapat sokongan dana sebesar Rp8,8 miliar dari BNI Syariah dengan sumber pembayaran dari kupon CWLS. Kombinasi investasi dana wakaf di CWLS dan Pembiayaan Perbankan Syariah. Peresmian Retina dan Glaukome Center Rumah Sakit Mata Achmad Wardi ini diresmikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin.

Advertisement

Acara peresmian Rumah Sakit Mata Achmad Wardi dihadiri secara langsung oleh Ketua Badan Pelaksana Badan Wakaf Indonesia Mohammad NUH, Walikota Serang Syafrudin, Ketua Yayasan Dompet Dhuafa Nasyith Majidi, Penasehat Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) Prof Dr. dr. Nila Moeloek, SpM (K). Sementara itu Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati, Menteri Agama RI Fachrul Razi, Ketua Badan Pelaksana BPKH Dr. Anggito Abimanyu menghadiri secara online.

Tak lupa pada acara tersebut juga dilakukan pendatanganan nota Kesepahaman Bersama Antara Badan Wakaf Indonesia dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provisni Jawa Barat dalam hal Pendirian Rumah Sakit Mata Berbasis Wakaf di Provinsi Jawa Barat. Selain itu, juga dilakukan pendatanganan MoU dengan UNDP Indonesia untuk Pembangunan Yang Berkelanjutan. Yayasan Wakaf Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makasar juga memberikan komitmen penghimpunan wakaf uang untuk Badan Wakaf Indonesia (BWI). Bukan cuma itu saja, Rumah Sakit Mata Achmad Wardi juga mendapatkan sumbangan dana senilai Rp1 miliar untuk Operasi Vitrektomi dan Glukoma Bagi Dhuafa yang diserahkan Ketua Yayasan Dompet Duafa Republika, Nasyith Majidi. (Wahyu)

Advertisement

Advertisement
LANJUT BACA