Lifestyle

Viral Netizen Keluhkan Drama Pertemanan, Sejumlah Gen Z Katakan Circle Tak Sepenting Itu, Benarkah?

BISNISBANTEN.COM – Akhir-akhir ini sejumlah netizen seringkali keluhkan tentang drama pertemanan.

Di antaranya mengatakan sering dapatkan teman yang bersikap palsu alias lain di depan lain di belakang, menceritakan pengalaman dikhianati, hingga drama percircle-an yang tiada henti.

Ternyata banyak yang merasakan hal itu juga. Menanggapi hal tersebut, rupanya banyak gen Z yang berpendapat bahwa circle tidak sepenting itu.

Advertisement

Punya circle pertemanan yang luas sering dianggap sebagai ukuran kesuksesan sosial seseorang. Namun, tidak semua orang memiliki banyak teman, dan itu tidak selalu buruk.

Sebenarnya, tidak memiliki circle pertemanan bisa memberikan sejumlah manfaat yang mengejutkan.

1. Mandiri dan Independen

Tidak memiliki circle pertemanan memaksa seseorang untuk mengandalkan diri sendiri untuk menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan.

Advertisement

Hal ini dapat mengembangkan kemandirian dan kepercayaan diri yang kuat. Orang yang tidak punya circle juga cenderung bisa bebas melakukan banyak hal tanpa harus disesuaikan dengan keinginan circlenya yang tidak sepaham dengan dirinya.

2. Fokus pada Diri Sendiri

Tanpa banyaknya drama, seseorang memiliki lebih banyak waktu dan energi untuk fokus pada pertumbuhan pribadi dan pencapaian tujuan. Ini bisa menjadi kesempatan untuk mengeksplorasi minat, bakat, dan aspirasi pribadi.

3. Kualitas Lebih dari Kuantitas

Tidak memiliki banyak teman tidak berarti kesepian atau terisolasi. Sebaliknya, individu dapat memprioritaskan hubungan yang mendalam dan bermakna dengan sedikit teman yang dipercayai. Ini memungkinkan untuk hubungan yang lebih intim dan autentik, lebih dekat dan lebih sehat.

4. Mengurangi Stres dan Drama

Tidak terlibat dalam dinamika sosial yang kompleks dapat mengurangi stres dan drama yang sering terjadi dalam hubungan pertemanan. Seseorang dapat menghindari konflik yang tidak perlu dan menjaga kesejahteraan emosional mereka.

5. Fleksibilitas dan Kebebasan

Tanpa kewajiban untuk menjaga hubungan sosial yang luas, seseorang memiliki lebih banyak fleksibilitas dan kebebasan untuk mengeksplorasi minat dan hobi mereka, serta untuk melakukan perjalanan atau mengejar peluang baru.

Meskipun memiliki circle pertemanan yang besar memiliki nilai pentingnya sendiri, tidak memiliki banyak teman juga bisa membawa sejumlah manfaat yang berharga.

Dengan menghargai dan memanfaatkan keadaan ini, seseorang dapat meraih kemandirian, pertumbuhan pribadi, dan kebahagiaan yang berkelanjutan.

Selalu ingatlah bahwa kualitas lebih baik dibanding kuantitas. Sebab akan terasa percuma jika pertemanan luas namun tidak ada yang memberikan dampak positif, melainkan penuh dengan drama dan hal-hal toxic.

Bertemanlah dengan orang-orang baik yang selalu mendukung Anda dengan tulus untuk melakukan hal positif. (Sarah)

Advertisement
LANJUT BACA