UMKM

UMKM Banten, Juara 1 Penjualan Online Tertinggi Selama KKI 2022

BISNISBANTEN.COM — UMKM Banten yakni Prospero Food berhasil meraih juara 1 untuk kategori penjualan online tertinggi selama event Karya Kreatif Indonesia 2022 pada akhir Mei lalu.

Provinsi Banten turut berbangga dengan capaian prestasi salah satu UMKM potensi ekspor yaitu Prospero Food yang berdiri sejak 6 tahun lalu memulai usahanya. Belajar dari pengalaman berbisnis yang dilakukan Prospero, UMKM Banten ternyata memiliki potensi sukses dan go digital dan sudah memiliki digital mindset yang bagus. Keterampilan digital ini agaknya juga banyak dimiliki UMKM Banten, karena pada ajang KKI 2022 dari 30 UMKM yang berpartisipasi pada penjualan online di KKI 2022 rata-rata memperoleh penjualan tinggi tidak hanya dari offline di JJC tetapi juga secara online dengan total transaksi Rp2,9 miliar.

Dan salah satu UMKM yang memiliki penjualan tertinggi secara online adalah Prospero Food yang memiliki lokasi usaha di Tangerang.  KKI 2022 yang berlangsung sejak tanggal 26 – 29 MEi 2022 di JCC diselenggarakan secara hybrid di JCC dan live dari website KKI www.karyakreatifindonesia.co.id mengikutsertakan seluruh UMKM binaan dan mitra Bank Indonesia dari seluruh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Dalam Negeri.

Advertisement

Sebagai bentuk apresiasi kepada Prospero Food, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Imaduddin Sahabat menyerahkan piala juara 1 kepada owner Prospero Food ibu Susi Julianti, Ia didampingi Deputy Ekonomi Moneter KPw BI Banten Gunawan yang ditemui di pabrik Propero Food di Tangerang.

Saat ini, Prospero Food memproduksi produk makanan berbahan dasar kakao dan cokelat, serta snack buah buahan yang dipasarkan tidak hanya di Banten, Jakarta dan sekitarnya tetapi juga ke Timur Tengah, salah satunya Turki, dan beberapa negara asia.

Menurutnya, Prestasi ini juga berkat kerja keras semua pihak dari Pemerintah Provinsi Banten dan Kab/Kota, serta stakeholder terkait lainnya bersama KPw BI Provinsi Banten yang senantiasa mendorong pengembangan UMKM melalui kurasi produk kerjasama dengan KOPIKKON, Fasilitas perluasan akses pasar melalui pameran skala regional dan nasional, serta business matching dengan potensial buyer luar negeri. Selain itu, Pelatihan onboarding ke ecommerce dan social commerce.

Minggu (29/05/22), telah diselenggarakan Coffee Talks sekaligus Selebrasi UMKM yang menjadi rangkaian acara penutupan Karya Kreatif Indonesia 2022. Penutupan secara resmi dilakukan langsung oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia Doni P. Joewono.

Advertisement

Pada kesempatan yang sama, Kepala Departemen UMKM dan Perlindungan Konsumen Bank Indonesia Yunita Resmi Sari juga menyampaikan apresiasi atas berbagai prestasi dan pencapaian yang ditorehkan oleh UMKM dari seluruh provinsi se-Indonesia. Termasuk salah satunya mengumumkan bahwa UMKM binaan KPwBI Provinsi Banten berhasil menjadi Juara 1 UMKM dengan Penjualan Online Tertinggi Karya Kreatif Indonesia 2022. (susi)

LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com